ばよかった (ba yokatta) dalam Bahasa Jepang

Bentuk Ba, JLPT N3Keharusan/Kewajiban/dll, Syarat, Tata Bahasa

Percakapan

Bahasa Jepang

彼、インドネシアに帰っちゃったね。

日本からいなくなって、ほんとよかったよ。。。あんなバカ。。。

またまた。なかよさそうにしてたじゃん。

だれが?でも、私、明日からだれとケンカしたらいいの。 うっうっうっ(泣

好きなら好きっていえばよかったのに。

わ~~~~~~ん(泣

Akhirnya, dia udah balik ke Indonesia ya.

Si bodoh itu…. Gue beneran bersyukur banget deh kalo dia udah gak ada di Jepang.

Lagi-lagi begini. Padahal kalian terlihat akrab gitu.

Siapa? Tapi mulai besok, gua bisa bertengkar sama siapa? Uuuu (Hiks

Sayang ya, kalau lu emang suka, seharusnya bilang aja suka..

Hwaaaa…. (Menangis

Pola Kalimat

KK(Bentuk Ba)よかった。
KK(Bentuk Ba) yokatta.
Seharusnya, KK(tapi ternyata tidak).

*Bentuk Ba → LINK

Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan perasaan kesal pembicara terhadap sesuatu yang sebenarnya harus dilakukan tetapi ternyata tidak dilakukan pada saat itu.

Contoh kalimat

もうすこはやばよかったよ。
Moo sukoshi hayaku koreba yokatta yo.
Seharusnya saya datang lebih cepat. (kesal karena tidak datang lebih cepat)

もっと金持かねもちと結婚けっこんすればよかった
Motto okanemochi to kekkon sureba yokatta.
Seharusnya saya menikah dengan orang yang lebih kaya. (kesal karena tidak menikah dengan orang kaya)

もっとまじめに勉強べんきょうしておけばよかった
Motto majime ni benkyoo shite okeba yokatta.
Seharusnya saya belajar lebih serius. (kesal karena tidak belajar dengan serius)

事前じぜん調しらべておけばよかった
Jizen ni shirabete okeba yokatta.
Seharusnya saya memeriksa sebelumnya. (kesal karena tidak memeriksa sebelumnya)

ああ、値段ねだんやすいうちにっておけばよかった
Aa, nedan ga yasu-i uchi ni katte okeba yokatta.
Ah, seharusnya saya membelinya selagi harganya murah. (kesal karena tidak membelinya selagi murah)

Kata Kerja + ばよかったのに

Pola kalimat

KK(Bentuk Ba)よかったのに。
KK(Bentuk Ba) yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya KK(tapi ternyata tidak).

*Bentuk Ba → LINK

Penjelasan

Jika のに dibubuhkan di belakang よかった, maka pembicara merasa sayang (menyesal) atau berkeluh terhadap perbuatan yang dilakukan oleh lawan bicara yang harusnya dilakukan tetapi ternyata tidak dilakukan pada saat itu.

Contoh Kalimat

同窓会どうそうかいたのしかったよ。アスカもばよかったのに。
Doosookai, tanoshi-katta yo. Asuka mo kureba yokatta noni.
Reuninya menyenangkan lo. Sayang ya, seharusnya Aska juga datang.

きならきだってばよかったのに。
Suki nara suki da tte ieba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya bilang saja kalau suka.

そんなにいやならことわばよかったのに。
Sonna ni iya nara kotowareba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya kamu tolak saja kalau sebenci itu.

なやみがあるんだったら、相談そうだんしてくれればよかったのに。
Nayami ga arun dattara, soodan shite kurereba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya membicarakannya kalau ada masalah.

るなら事前じぜん連絡れんらくしてくれればよかったのに。
Kuru nara jizen ni renraku shite kurereba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya menghubungi terlebih dahulu kalau akan datang.

Kata Kerja(Bentuk Nai) + なければよかった

Jika ingin menunjukkan perasaan kesal terhadap sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan tetapi ternyata telah dilakukan, gunakanlah bentuk “KK(Bentuk Nai) + なければよかった” atau KK(Bentuk Nai) + なかったらよかった.

Contoh Kalimat

いやならかなければよかったのに。
Iya nara ika nakereba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya tidak datang kalau tidak mau.

後悔こうかいしてる。本当ほんとうわなければよかった
Kookai shiteru. Hontoo ni awanakereba yokatta.
Saya menyesalinya. Sungguh, seharusnya saya tidak bertemu dia.

はらこわしていたのなら、無理むりしてべなければよかったのに。
Onaka o kowashite ita no nara, muri shite tabe nakereba yokatta noni.
Sayang ya, seharusnya tidak memaksakan diri memakannya kalau sedang sakit perut.

3日みっかこわれた。こんな安物やすものわなければよかった
Mikka de kowareta. Konna yasumono, kawa nakereba yokatta.
Dalam 3 hari udah rusak. Barang murah begini, seharusnya aku tidak membelinya.

Kata Sifat /Kata Benda + ばよかった

KS/KB(Bentuk Ba)よかった。
KS/KB (Bentuk Ba) yokatta.
{Kalau saja / seharusnya,} KS/KB. (tapi ternyata tidak).

*Bentuk Ba → LINK

Penjelasan

Sebenarnya, よかった dapat digunakan dengan kata sifat atau kata benda juga. Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan perasaan kesal pembicara terhadap kenyataan yang ternyata bertentangan dengan keinginan pembicara.

Contoh Kalimat

Kata Sifat-i + ばよかった (ba yokatta)

あとすこたかければよかったのに。
Ato sukoshi se ga taka kereba yokatta noni.
Sayang ya, kalau saja tinggi badanku sedikit lebih tinggi.

ちょっとあつすぎ。もうすこし、すずしければよかったのに。
Chotto atsu sugi. Moo sukoshi, suzushi kereba yokatta noni.
Ini terlalu panas. Kalau saja sedikit lebih sejuk.

日本円にほんえんのレートがもうすこやすければよかったんだが。
Nihon en no reeto ga moo sukoshi yasu kereba yokatta’n da ga.
Kalau saja nilai tukar Yen Jepang sedikit lebih rendah.

Kata Sifat-na / Kata Benda + ならよかった (nara yokatta)

もっと料理りょうり上手じょうずならよかった
Motto ryoori ga joozu nara yokatta.
Kalau saja saya lebih andal dalam memasak.

わたしかれ日本人にほんじんならよかったのに。
Watashi no kare, Nihon-jin nara yokatta noni.
Kalau saja pacarku orang Jepang.

もうすこしずかなところならよかったのですが。
Moo sukoshi shizuka na tokoro nara yokatta no desu ga.
Kalau saja di tempat yang sedikit lebih tenang.

たらよかった(tara yokatta)

KK(B.Biasa Lampau)らよかった。
KK(B.Biasa Lampau) yokatta.
{Kalau saja / seharusnya,} KK(tetapi ternyata tidak).

Penjelasan

Pada dasarnya, ばよかった yang telah dijelaskan di atas dapat diganti dengan たらよかった. Artinya sama.

Contoh Kalimat

いやならいやと {✓えば / ✓ったら} よかったのに。
Iya nara iya to { ✓ieba / ✓ittara } yokatta noni.
Seharusnya bilang tidak suka kalau tidak suka.

べたくなかったら {✓べなければ / ✓べなかったら } よかったのに。
Tabe taku nakattara { ✓tabe nakereba / ✓tabe nakattara } yokatta noni.
Seharusnya tidak memakannya kalau tidak mau memakannya.

対戦たいせん相手あいてがもっと {✓よわければ / ✓よわかったら}よかったんだけどね。
Taisen-aite ga motto { ✓yowakereba / ✓yowakattara } yokatta’n dakedo ne.
Kalau saja lawan tanding lebih lemah ya.