Acara Now!

ハラハラ (HARA-HARA) dalam Bahasa Jepang

GITAIGOKotoba, Onomatope

Yooooooo!!! whatsup browww!!! 😉😉😉

Di sini ada pencinta pertandingan sepak bola gak sih? 😀😀😀 Kalau ada, pas banget nih..
Pernah gak mengalami situasi ini? Pas nonton pertandingan sepak bola, tim yang kalian dukung masih menang tapi selisih skornya tipis banget 1-0, dan lawan 100 kali menyerang tim yang kalian dukung. Waaaaaahhhh, gak bisa tenang tuh, pasti cemas banget… pernah?

Onomatope Hara-hara

ONOMATOPE

ハラハラ
HARA-HARA
Harap-harap cemas / Deg-degan

Untuk situasi, perasaan, dan suasana di atas ada onomatopenya juga lho.. Namanya, はらはら/ハラハラ (hara-hara). Sering juga kita menemukan hara-hara ini dalam komik atau pun anime bergenre sport atau olahraga, tapi tidak jarang juga dipakai dalam sebuah kalimat.

Hara-hara adalah kata yang mewakili perasaan yang amat sangat-sangat tidak tenang, cemas, khawatir, gelisah, dan sebagainya terhadap keadaan dalam kegiatan yang sedang dilakukan oleh orang lain yang bisa saja mengakibatkan sesuatu yang tidak diharapkan. Tapi, hara-hara ini tidak seperti galau, karena perasaan galau terjadi akibat kejadian yang sudah terjadi, padahal perasaan hara-hara muncul akibat kejadian yang bisa saja terjadi.

Selain itu, onomatope hara-hara bisa dipakai juga untuk mewakili keadaan benda yang tipis, kecil, dan ringan seperti kelopak bunga, daun, salju, air mata, dan lain sebagainya yang berguguran atau jatuh secara bersamaan. Hara-hara ini, tergolong ke dalam jenis onomatope gitai-go karna bukan berasal dari bunyi maupun suara melainkan berasal dari keadaan dan situasi.

Contoh kalimat

このアクション映画えいがは、ハラハラ、ドキドキのシーンでいっぱいです。
Kono akushon eega wa, hara-hara, doki-doki no siin de ippai desu.
Film aksi ini penuh dengan adegan yang menegangkan dan bikin deg-degan.

息子むすこているサッカーの試合しあいハラハラしながらています。
Musuko ga dete iru sakkaa no shiai o hara-hara shi nagara mite imasu.
Menonton pertandingan sepak bola yg dimainkan putraku dengan harap-harap cemas.

かれかざない発言はつげんにはいつもハラハラさせられる。
Kare no kazarikenai hatsugen niwa itsumo hara-hara saserareru.
Perkataannya yang blakblakan membuat saya selalu cemas dan deg-degan.