てからでないと (te kara de naito) dan てからでなければ (te kara de nakereba) dalam Bahasa Jepang

JLPT N2, Seri から (kara)Syarat, Tata Bahasa

Kamu suka merokok? Kalo mimin, udah lama berhenti merokok ^^. Erai! Pachi-pachi-pachi. Btw, Kalo di Jepang, remaja yang usia di bawah 20 tahun tidak boleh merokok, dengan kata lain “Tabako wa hatachi ni natte kara de nai to suemasen (gak boleh rokok sebelum berusia 20)!” Kalo di Indonesia gimana ya?

Nah, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk menyatakan “tidak bisa sebelum melakukan sesuatu” dengan pola kalimat “てからでないと (te kara de naito) dan てからでなければ (te kara de nakereba)”. Yuuk.

Percakapan

Bahasa Jepang

ララって彼氏と別れたんだって。

えー、仲よさそうにみえたけど。

なんか男がDVだったらしい。

えー、うそ。見た目やさしそうなのに。

うーん。付き合ってからじゃないとわからないことって多いよね。

Eh katanya Rara udah putus sama pacarnya.

Ehh. Padahal keliatannya baik-baik aja.

Kayaknya cowoknya itu suka main tangan.

Ehh, masah sih. Padahal kelihatannya baik.

Humm. Banyak hal yang belum kita tahu sebelum pacaran ya..

Pola Kalimat

KK(Bentuk Te) {からでないと / からでなければ}~。
KK(Bentuk Te) {kara de naito / kara de nakereba} ~.
{Sebelum / Jika belum KK}, [kalimat negatif].
Kecuali setelah KK, [kalimat negatif].

Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan suatu syarat yang harus dipenuhi sebelumnya untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, sesuatu tersebut tidak dapat atau susah dilakukan sebelum memenuhi syarat tersebut, atau baru dapat dilakukan setelah memenuhi syarat tersebut.

Dalam pola kalimat ini, pada dasarnya kalimat pokok (kalimat kedua) adalah kalimat negatif atau kalimat yang menyatakan hal yang negatif seperti susah, bahaya, gagal, mustahil, dsb.

からでないと (kara de naito) dan からでなければ (kara de nakereba) artinya sama.
Selain itu, dalam percakapan sehari-hari, dapat juga digunakan seperti からじゃないと (kara ja naito), からじゃなければ (kara ja nakereba), atau からじゃなきゃ (kara ja nakya).

Contoh kalimat

Kalimat Negatif

JLPT N5に合格ごうかくしてからでないと日本にほんけません。
JLPT N5 ni gookaku shite kara de naito, Nihon ni ike masen.
Sebelum lulus dalam JLPT N5, tidak bisa pergi ke Jepang.
(= Setelah lulus dalam JLPT N5, baru bisa pergi ke Jepang.)

パスポートを取得しゅとくしてからでないと、ビザはれません。
Pasupooto o shutoku shite kara de naito, biza wa tore masen.
Sebelum mendapatkan paspor, tidak bisa mendapatkan visa.

クロスチェックがわってからでないと、WEBにはアップロードできません。
Kurosuchekku ga owatte kara de naito, WEB niwa appuro-do dekimasen.
Sebelum pemeriksaan ulang selesai, tidak bisa mengunggah ke WEB.

断食だんじきちゅうは、太陽たいようしずんでからでなければ飲食いんしょくはできません。
Danjiki chuu wa taiyoo ga shizunde kara de nakereba, inshoku wa deki masen.
Selama puasa, kita tidak bisa makan dan minum sebelum matahari tenggelam.

ごめん、このことわってからじゃないとあそびにけない。
Gomen, kono shigoto ga owatte kara ja naito, asobi ni ikenai.
Maaf, sebelum pekerjaan ini selesai, saya tidak bisa pergi main.

結婚けっこんしてからでないとわからないことがたくさんある。
Kekkon shite kara de naito wakaranai koto ga takusan aru.
Jika belum menikah, ada banyak hal yang belum kita pahami.

Kalimat Positif

準備じゅんび運動うんどうをしてからじゃないと、けがするよ。
Junbiundoo o shite kara ja naito, kega suru yo.
Kalau belum melakukan pemanasan, nanti akan cedera, lo.

だめ。結婚けっこんしてからじゃないと、セックスはいや。
Dame. Kekkon shite kara ja naito, sekkusu wa iya.
Nggak boleh. Kalau belum menikah, tidak mau seks.

ってからでなければ結婚けっこんめるのはむずかしい。
Tsukiatte kara de nakereba, kekkon o kimeru nowa muzukashii.
Jika belum berpacaran, sulit untuk memutuskan menikah.

怪我けが完全かんぜんになおってからでないと試合しあいるのは無理むりだ。
Kega ga kanzen ni naotte kara de naito, shiai ni deru no wa muri da.
Jika cedera belum sepenuhnya pulih, bermain di pertandingan ini mustahil.

Kata Benda + からでないと (kara de naito)

この会議かいぎしつ午前ごぜんちゅう予約よやくがいっぱいで、13からでないと使つかえません。
Kono kaigishitu wa gozenchuu wa yoyaku de ippai de, 13 ji kara de naito tsukae masen.
Reservasi pada pagi hari ruang rapat ini sudah penuh, tidak bisa digunakan kecuali setelah pukul 13:00.

午前ごぜんちゅういそがしくて、ひるからでないとそのセミナーには出席しゅっせきできないよ。
Gozenchuu wa isogashikute, hiru kara de naito, sono seminaa niwa shusseki deki nai yo.
Karena sibuk pada pagi hari, saya tidak bisa menghadiri seminar itu kecuali setelah siang hari.

ひるはたらいているので、19以降いこうからでないと電話でんわられません。
Hiru wa hataraite iru node, 19 ji ikoo kara de naito denwa ni derare masen.
Karena saya bekerja pada siang hari, saya tidak bisa menjawab telepon kecuali setelah pukul 19:00.


☆ Materi pola kalimat KK(Te)から dapat Anda baca dari link di bawah. 🙂