Acara Now!

を除いて (o nozoite) / を除き (o nozoki) dalam Bahasa Jepang

JLPT N2Partikel Gabungan, Tata Bahasa

Biasanya, jarang semua orang setuju secara keseluruhan, sulit mempersiapkan sesuatu secara lengkap, atau tidak bisa menyelesaikan masalah secara utuh, tapi pasti ada pengecualiannya.. Nah, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menunjukkan pengecualian, dengan frasa を除いて (o nozoite).. Yuuuk.

Percakapan

Bahasa Jepang

日曜日、プール行こうよ。

いいね。

行く。行く。

え、でもインボックスさん泳げないし。どうしよう。

はい、じゃあ、インボックスさんを除いて、全員出席で!

え、ちょっと待ってよ。ひどくない!

Hari Minggu ke kolam renang yuk.

Bagus tuh.

Ikut. Ikut.

Eee, tapi Inbox-san gak bisa renang nih. Gimana dong?

Baiik, kalo gitu semuanya hadir kecuali Inbox-san ya.

Ee, tungguin dong. Jahaat banget!

Pola Kalimat

KBを{除いて / 除き} ~。
KB o {nozoite / nozoki} ~.
~ kecuali KB.

Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan pengecualian. Frasa “KBを除いて” dan “KBを除き” artinya sama, dan dua-duanya bernuansa bahasa formal atau penulisan. Namun, “KBを除き” terasa lebih formal daripada “KBを除いて”.

Selain itu, dalam percakapan sehari-hari, frasa “KBを除けば” atau “KBの他は” juga sering digunakan untuk menunjukkan pengecualian.

Contoh kalimat

かれのぞいて全員ぜんいん出席しゅっせきします。
Kare o nozoite zen’in shusseki shi masu.
Semua orang akan hadir kecuali dia.

喫煙所きつえんじょのぞいて全館ぜんかん禁煙きんえんです。
Kitsuen jo o nozoite, zenkan kin’en desu.
Dilarang merokok di seluruh area gedung kecuali di area merokok.

犯人はんにんかれのぞいてほかにいない。
Han’nin wa kare o nozoite hoka ni inai.
Penjahatnya tidak ada yang lain kecuali dia.

関係者かんけいしゃのぞ禁止きんしです。
Kankeesha o nozoki, tachiiri kinshi desu.
Dilarang masuk kecuali orang yang bersangkutan.

わたしのぞ全員ぜんいん卒業そつぎょうした。
Watashi o nozoki, zen’in ga sotsugyoo shita.
Semuanya lulus kecuali saya.

一日いちにち労働ろうどう時間じかん休憩きゅうけい時間じかんのぞ、8時間じかんえてはならない。
Ichi nichi no roodoo jikan wa kyuukee jikan o nozoki, hachi jikan o koete wa nara nai.
Jam kerja per hari tidak boleh lebih dari 8 jam di luar waktu istirahat.

土日どにちのぞけば予約よやくしなくても大丈夫だいじょうぶだとおもいますよ。
Donichi o nozoke ba, yoyaku shi nakute mo daijoobu da to omoi masu yo.
Saya pikir tidak apa-apa tidak melakukan reservasi kecuali hari Sabtu dan Minggu.

インドネシアの果物くだものはみんなきです。ドリアンのぞけば
Indonesia no kudamono wa minna suki desu. Dorian o nozokeba.
Saya suka semua buah-buahan Indonesia. Kecuali durian.

かれほか、みんなわたし意見いけん賛成さんせいしてくれた。
Kare no hoka wa minna watashi no iken ni sansee shite kureta.
Semua orang setuju dengan pendapat saya kecuali dia.