Kirim Dukungan & Support Kami!

Kata Penunjuk: Kore, Sore, dan Are 「これ、あれ、それ」

kosoado, N4-5Kata Penunjuk, Tata Bahasa

PenjelasanKosakataLatihan

 

Kata Penunjuk

 これ / それ / あれ 
 Kore / sore / are 
 Ini / itu / itu (yg jauh) 

 

Penjelasan

Kata penunjuk adalah kata yg menunjukkan suatu benda. Dalam bahasa Indonesia terdapat dua kata penunjuk, yaitu “ini” dan “itu”, sedangkan bahasa Jepang memiliki tiga jenis kata penunjuk, yaitu “kore (ini)”, “sore (itu)”, dan “are (itu yg jauh)”. Kata penunjuk “Kore (ini)”, “sore (itu)”, dan “are (itu)” digunakan untuk menunjukkan benda dan berfungsi sebagai kata benda juga. Penggunaan “kore”, “sore”, dan “are” sesuai dengan jarak di antara pembicara, lawan bicara, dan benda yang ditunjukkannya. Penjelasan  “kore”, “sore”, dan “are” yang lebih detail sebagai berikut.

 

これ Kore (ini)

Kore (ini) digunakan ketika pembicara menunjukkan suatu benda yang dekat dengan pemcibara. (biasanya, benda dapat dipegang oleh pembicara)  Dengan kata lain, benda yang ditunjukkan dengan "kore" berada di dalam wilayah pembicara.

 

 1. Pembicara dan lawan bicara berada di tempat yang berbeda

Pembicara yang dekat dengan benda menunjukkan benda tersebut dengan kata penunjuk "kore”, tetapi lawan bicara yang jauh dari benda tersebut tidak dapat menggunakan "kore”. 

 s_235_0

 

2. Pembicara dan lawan bicara berada di tempat yang sama

Oleh karena pembicara dan lawan bicara sama-sama dekat dengan benda, dua-duanya dapat menggunakan "kore” untuk menunjukkan benda tersebut.

s_236

 

それ Sore (itu)

1.Pada dasarnya, Sore (itu) digunakan bila benda yang ditunjukkan oleh pembicara dekat dengan lawan bicara. (biasanya, benda dapat dipegang oleh lawan bicara)  Dengan kata lain, benda yang ditunjukkan dengan "sore” berada di dalam wilayah lawan bicara tetapi di luar wilayah pembicara.

 s_237_0

 

2. Namun, jika pembicara dan lawan bicara berada di tempat yang sama, sore dapat menunjukkan benda yang lokasinya sedikit jauh dari kedua-duanya.

 s_237

 

あれ Are (itu yang jauh)

Are (itu yg jauh) digunakan bila pembicara maupun lawan bicara jauh dari benda yang ditunjukkannya. Dengan kata lain, benda yang ditunjukkan dengan "are” berada di luar wilayah pembicara maupun lawan bicara.

 s_238

Penggunaan kata penunjuk dan posisi di antara pembicara dan lawan bicara

Penggunaan kata penunjuk kore dan sore berbeda dan tergantung siapa yang menunjukkan benda dari posisi yang mana.
Pada dasarnya, benda yang dekat dengan pembicara ditunjukkan dengan "kore” oleh pembicara sendiri. Namun, walaupun bendanya sama, jika benda tersebut ditunjukkan oleh pembicara yang jauh dari benda tersebut yang ada di dekat dengan lawan bicara, benda tersebut ditunjukkan dengan kata penunjuk "sore”.

s_kore-dan-sore

 

 

 Tabel Kata Penunjuk "KOSOADO" 「こそあど表」 

 

 

neko: kucing

 

 

tunggu