Peribahasa “Anzuru yori umu ga yasushi” dalam bahasa Jepang

Peribahasa JepangKotoba, Peribahasa (kotowaza)

KOTOWAZA 案ずるより産むが易し

Halo teman2. Gimana kabarnya dalam pandemik Covid-19 ini? Semoga saja vaksinnya cepat ditemukan ya. Btw, teman2 takut disuntik? Khususnya, saat menunggu suntikan sambil bayangin jarumnya ditusuk ke kulitnya…. Kyaaaa. Tapi sih, tenyata sakitnya sedikit bahkan tidak terasa apalagi kalo perawatnya baik dan cantik wkwk. Ini kotowaza kali ini, yaitu

PERIBAHASA JEPANG

案ずるより産むが易し。
Anzuru yori umu ga yasushi.
Melahirkan bayi lebih mudah daripada mengkhawatirkan ini itu sebelumnya.

kosakata
あんずる(anzuru) = mengkhawatirkan
む(umu) = melahirkan
やすし(yasushi) = mudah

Penjelasan

Kotowaza ini menyatakan situasi bahwa menjelang seorang ibu hamil akan melahirkan bayi, baik ibu sendiri maupun keluarganya pasti cemas akan persalinannya, tetapi setelah melahirkan bayi tersebut, baru menyadari persalinan tersebut ternyata lebih mudah atau lancar daripada yang dikhawatirkan sebelumnya.

Peribahasa ini menjelaskan kenyataan bahwa sebenarnya mencoba melakukan sesuatu secara langsung lebih mudah daripada memikirkan ini itu terus-menurus sebelum melakukan sesuatu tersebut.

Nah, kita terkadang lebih sering khawatir terhadap risiko atau akibat yang akan timbul dari hal-hal yang belum lakukan. Kita bisa saja lebih cenderung parno duluan, padahal mungkin saja hal-hal yang dikhawatirkan tersebut akan sia-sia.

Oleh karena itu, kita santai-santai dulu aja deh, coba-coba dulu deh saat menghadapi tantangan. Tuhan akan memberikan jalan yang lebih baik jika kita sudah mau mencoba melakukan sesuatu.