Koq bisa ya saya jatuh cinta pada bahasa dan kebudayaan Jepang? (Karya Lomba Menulis 2020)

lomba_2020Lomba Menulis

Keunikan huruf jepang

Saya mulai tertarik bahasa jepang pada waktu sma. Yang pertama kali diajarkan adalah menulis katakana dan hiragana. Karena bentuknya lucu akhirnya saya penasaran sampai muncul keinginan saya untuk mempelajari huruf ini. Akhirnya, bisa juga saya membaca dan menulis hiragana dan katakana ini.

Tak sampai disitu, saya melanjutkan kuliah dan hanya ingin masuk jurusan bahasa jepang , tidak ingin yg lain. Akhirnya saya lulus dan bisa masuk perguruan tinggi jurusan bahasa jepang.

Dan disini saya mulai mengenal lagi adanya huruf kanji yang membuat saya semakin penasaran. Huruf kanji yang baru pertama kali saya liat waktu itu, kliatannya cukup rumit namun tetap terlihat unik di mata saya.
Disitulah mulai tumbuh rasa ingin mengenal lebih dalam lagi tentang kebudayaan Jepang dan bukan hanya tulisan saja .

Kebiasaan – kebiasaan orang jepang

Pertama kali menginjakkan kaki di tanah Jepang, rasanya seperti ada di dunia lain, semua serba bersih dan udara nya yg sungguh segar. Dan juga orang2nya begitu ramah dan sopan. Kebetulan waktu itu saya menginap di Osaka. Dan pada waktu pagi saya melihat orang – orang jepang yang akan beraktifitas berlalu lalang dengan berjalan kaki sangat cepat, sungguh pemandangan luar biasa saat itu.

Mereka sangat disiplin, tepat waktu dan cinta kebersihan. Dari sinilah saya belajar banyak dan sampai hari ini saya selalu berusaha menghargai waktu dan sangat kesal kalau melihat orang yang sering tidak tepat waktu dan membuang sampah atau merokok disembarang tempat.

Waktu itu saya juga diajak untuk mengenal kebudayaan Jepang seperti upacara minum teh, nonton kabuki, merangkai bunga, dan sebagainya.

Dan karena semua ini, semakin cintalah saya dengan jepang.

Walaupun sekarang saya jarang sekali menggunakan bahasa Jepang karena sudah bekerja di perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan bahasa Jepang. Namun kerinduan untuk selalu belajar bahasa Jepang mungkin tak akan pernah hilang karena kecintaan saya pada Jepang dengan beragam budaya dan tradisi nya yang unik, yang selalu membuat orang penasaran untuk mengenalnya lebih dalam lagi.

Budaya dan tradisi Jepang yang cukup menarik

Saya pernah home stay di rumah keluarga orang Jepang di moriyama. Keluarga yang sangat ramah dan banyak memberikan pelajaran pada saya tentang tradisi-tradisi Jepang yang sangat menarik.

Dan yang mengenalkan saya pada masakan Jepang yang awalnya begitu aneh di lidah saya. Namun akhirnya rasa itulah yang membuat saya selalu rindu dengan Jepang.

Inilah keluarga saya dulu yg sangat baik dan telah banyak membantu saya selama saya dijepang .

Semoga kelak saya bisa berkunjung lagi ke Jepang untuk sekedar mengenang masa lalu dan bertemu kembali dengan keluarga ini yang telah memberikan kesan terindah dalam hidup saya.

Semoga mereka sehat-sehat selalu.

Penulis: Telly Lay