Kirim Dukungan & Support Kami!

でしょ (desho) dan だろ(daro) dalam Bahasa Jepang

Bentuk.Biasa, JLPT N3Bentuk Percakapan, Kemungkinan, Tata Bahasa

Percakapan

Bahasa Jepang

ねえ、昨日、ケンと会ってたでしょ

知らない。

ははは、会ってないなら会ってないって言えばいいのにwww

会ってない。

ははは、でも、二人でモールいたじゃんwww

わああ。性格悪い。かくれて見てたんでしょ。声かけてくれたらいのに。

じゃましちゃ悪いじゃん!

Eh, kemarin ketemu ama Ken kan?

Gak tahu.

Hahaha, harusnya bilang aja gak ketemu kalo emang gak ketemuan wkwk

Gak ketemuan.

Hahaha, tapi kalian berdua ada di mal dong. Wkwk

Aduh. Kelakuan lu jelek. Pasti ngikutin diem-diem kan? Harusnya sapa aja.

Gak enak tahu kalo ngeganggu.

Pola Kalimat

KK/KS/KB(Benuk Biasa*) {でしょ / だろ}?
KK/KS/KB(Benuk Biasa*) {desho / daro}?
KK/KS/KB kan?

* KS-na/KB [da]

Penjelasan

Pertama, akhiran “desho” adalah bentuk percakapan dari “deshoo”, sedangkan “daro” adalah bentuk percakapan juga dari “daroo” yang berupa bentuk biasa dari “deshoo”.

Pada dasarnya, akhiran “desho” dan “daro” digunakan saat pembicara ingin mengonfirmasikan sesuatu yang biasanya telah diketahui oleh pembicara dan lawan bicara sebelumnya, atau menanyakan sesuatu untuk mendapatkan persetujuan dari lawan bicara. Bagian “desho” dan “daro” diucapkan dengan nada yang naik.

Hati-hati. Biasanya, akhiran “daro” dapat digunakan oleh laki-laki saja, sedangkan “desho” dapat digunakan baik laki-laki, maupun perempuan juga.

Contoh

Ucapan di bawah semuanya menyatakan “makan kan?”

食べるでしょう? (bentuk halus)

食べるでしょ?(bentuk percakapan ♀/♂)

食べるでしょう? (bentuk halus)

食べるだろう? (bentuk biasa)

食べるだろ?(bentuk percakapan ♂)

Contoh kalimat

Kata Kerja + でしょ / だろ

♀/♂ ONE OK ROCKのライブでしょ
♀/♂ ONE OK ROCK no raibu iku desho?
♀/♂ Kamu akan datang ke konser ONE OK ROCK kan?

♂ ONE OK ROCKのライブだろ
♂ ONE OK ROCK no raibu iku daro?
Kamu akan datang ke konser ONE OK ROCK kan?

くにまってるじゃん。
Iku ni kimatteru jan.
Sudah jelas aku akan datang.

♀/♂ 昨日きのう本屋ほんやにいたでしょ
♀/♂ Kinoo, hon’ya ni ita desho?
♀/♂ Kemarin, kamu ada di toko buku kan?

♂ 昨日きのう本屋ほんやにいただろ
♂ Kinoo, hon’ya ni ita daro?
♂ Kemarin, kamu ada di toko buku kan?

うん、なんでってるの?
Un, nande shiteru no?
Iya, kok tahu?

♀/♂ わらったでしょ
♀/♂ Waratta desho?
♀/♂ Kamu tertawa kan?

♂ わらっただろ
♂ Waratta daro?
♂ Kamu tertawa kan?

わらってないよ
Waratte nai yo.
Tidak kok.

Kata Sifat + でしょ / だろ

♀/♂ これ、おいしいでしょ
♀/♂ Kore, oishi-i desho?
♀/♂ Ini, enak kan?

♂ これ、おいしいだろ
♂ Kore, oishi-i daro.
♂ Ini, enak kan?

うん、おいしい。
Un, oishi-i.
Iya, enak.

♀/♂ リナのこと、でしょ
♀/♂ Rina no koto, suki desho?
♀/♂ Kamu suka sama Rina kan?

♂ リナのことだろ
♂ Rina no koto, suki daro?
♂ Kamu suka sama Rina kan?

えっ。
Eh.

Kata Benda + でしょ / だろ

♀/♂ 明日あした学校がっこうやすでしょ
♀/♂ Asu, gakkoo yasumi desho?
♀/♂ Besok, sekolah libur kan?

♂ 明日あした学校がっこうやすだろ
♂ Asu, gakkoo yasumi daro.
♂ Besok, sekolah libur kan?

うん、そうだね。
Un, soo dane.
Iya, begitulah.

♀/♂ 勝手かってにおかしべたの、インボックスさんでしょ
♀/♂ Katte ni okashi tabeta no, Inbox-san desho?
♀/♂ Yang makan cemilan seenaknya Inbox kan?

♂ 勝手かってにおかしべたの、インボックスさんだろ
♂ Katte ni okashi tabeta no, Inbox-san daro?
♂ Yang makan cemilan seenaknya Inbox kan?

らない。
Shira nai.
Gak tau.