Nama Hari dalam Bahasa Jepang

Materi Bahasa Jepang SMA Kelas XMateri SMA Kelas X & XI

Apakah Anda bisa menyebut hari Minggu dalam bahasa Jepang? Bisakah menyebut setiap nama hari dalam bahasa Jepang? Tahukah Anda, sebenarnya nama hari dalam bahasa Jepang terdiri dari asal usul alam yang tertentu? Nah, kali ini kita akan mempelajari nama hari dalam bahasa Jepang.

Pembentukan Nama Hari dalam Satu Minggu

Pola Nama Hari

[KB] + 曜日
[KB] + youbi
Hari [KB]

[月 / 火 / 水 / 木 / 金 / 土 / 日] 曜日
[Getsu / Ka / Sui / Moku / Kin / Do / Nichi] youbi
Hari [Senin / Selasa / Rabu / Kamis / Jumat / Sabtu / Minggu]

Hari Senin Sampai Minggu

  • Hari Senin = 月曜日 (getsu-youbi)
  • Hari Selasa = 火曜日 (ka-youbi)
  • Hari Rabu = 水曜日 (sui-youbi)
  • Hari Kamis = 木曜日 (moku-youbi)
  • Hari Jumat = 金曜日 (kin-youbi)
  • Hari Sabtu = 土曜日 (do-youbi)
  • Hari Minggu = 日曜日 (nichi-youbi)
  • Hari apa = 何曜日 (nan-youbi)

Penjelasan

Nama hari dalam bahasa Jepang terdiri dari nama nama unsur alam yang dibaca dengan cara “on-yomi (pembacaan ala China)”, yaitu Getsu (bulan), Ka (api), Sui (air), Moku (pohon), Kin (emas), Do (tanah), dan Nichi (matahari). “Youbi” di belakang menunjukkan hari dalam satu pekan. Sebenarnya, nama hari tersebut berasal dari nama planet juga, yaitu

  • 月曜日(getsu-youbi) → 月 (tsuki) = bulan
  • 火曜日(ka-youbi) → 火星(ka-sei) = planet api (Mars)
  • 水曜日(sui-youbi) → 水星(sui-sei) = planet air (Merkurius)
  • 木曜日(moku-youbi) → 木星(moku-sei) = planet pohon (Yupiter)
  • 金曜日(kin-youbi) → 金星(kin-sei) = planet emas (Venus)
  • 土曜日(do-youbi) → 土星(do-sei) = planet tanah (Saturnus)
  • 日曜日(nichi-youbi) → 日(hi) = matahari

Cara penyebutan hari yang menggunakan nama planet berasal dari konsep tata surya yang lahir di Babilonia (1696 – 1654 SM) dan berkembang di Yunani Kuno dan Mesir Kuno. Orang Jepang menyebut nama planet dalam tata surya dengan menggunakan unsur-unsur alam, dan nama planet tersebut langsung diterapkan ke nama hari.

Umumnya, orang Jepang menghitung hari dalam satu pekan mulai dari hari Senin seperti getsu, ka, sui, moku, kin, do, nichi karena biasanya kerja atau sekolah mulai dari hari Senin sampai hari Jumat atau hari Sabtu. Namun, ada yang menghitung hari dari hari Minggu juga seperti nichi, getsu, ka, dst.

Oke, kali ini kita akan mempelajari setiap nama hari dalam satu minggu sekaligus belajar sedikit kanji dalam bahasa Jepang. Kuuy.

Nama Nama Hari dalam Bahasa Jepang

Hari Senin dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

月曜日
Getsu-youbi
Hari Senin

Penjelasan

“Getsu-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Senin” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari kedua dalam satu pekan.

Kanji 月 yang dibaca “getsu” atau “tsuki” memiliki makna “bulan”. Coba lihat setiap kanji 月 pada zaman kuno sampai sekarang. (umumnya, bentuk kanji berubah dari saat terlahir sampai zaman sekarang melalui ratusan dekade) Kanji 月 terbuat dari bentuk bulan sabit.

Hari Selasa dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

火曜日
Ka-youbi
Hari Selasa

Penjelasan

“Ka-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Selasa” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari ketiga dalam satu pekan.

Kanji 火 yang dibaca “ka” atau “hi” memiliki makna “api”. Coba lihat setiap kanji 火 pada zaman kuno sampai sekarang. Bentuk kanji 火 mengekspresikan api yang menyala. Api dalam “ka-youbi” ini digunakan untuk menyatakan planet api, yaitu Mars.

Hari Rabu dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

水曜日
Sui-youbi
Hari Rabu

Penjelasan

“Sui-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Rabu” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari ke-empat dalam satu pekan.

Kanji 水 yang dibaca “sui” atau “mizu” memiliki makna “air”. Coba lihat setiap kanji 水 pada zaman kuno sampai sekarang. Kanji 水 ditulis sebagai arus sungai. Air dalam “sui-youbi” ini digunakan untuk menyatakan planet air, yaitu Merkurius.

Hari Kamis dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

木曜日
Moku-youbi
Hari Kamis

Penjelasan

“Moku-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Kamis” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari ke-lima dalam satu pekan.

Kanji 木 yang dibaca “moku” atau “ki” memiliki makna “pohon”. Coba lihat setiap kanji 木 pada zaman kuno sampai sekarang. Kanji 木 terbuat dari bentuk pohon. Pohon dalam “moku-youbi” ini digunakan untuk menyatakan planet pohon, yaitu Yupiter.

Hari Jumat dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

金曜日
Kin-youbi
Hari Jumat

Penjelasan

“Kin-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Jumat” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari ke-enam dalam satu pekan.

Kanji 金 yang dibaca “kin” atau “kane” memiliki makna “emas”. Coba lihat setiap kanji 金 pada zaman kuno sampai sekarang. Sebenarnya, kanji 金 terdiri dari 今 yang berupa tutupan, 土 yang memiliki makna “tanah”, dan dua titik sebagai logam sejenis tembaga. Bentuk 金 ini mengekspresikan logam yang terdapat di bawah tanah. Awalnya kanji 金 memiliki makna tembaga, tetapi makna 金 lama-lama diubah menjadi emas atau uang juga. Emas dalam “kin-youbi” ini digunakan untuk menyatakan planet emas, yaitu Venus.

Hari Sabtu dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

土曜日
Do-youbi
Hari Sabtu

Penjelasan

“Do-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Sabtu” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari ke-tujuh dalam satu pekan.

Kanji 土 yang dibaca “do” atau “tsuchi” memiliki makna “tanah”. Coba lihat setiap kanji 土 pada zaman kuno sampai sekarang. Sebenarnya, bentuk kanji 土 mengekspresikan timbunan tanah. Tanah dalam “do-youbi” ini digunakan untuk menyatakan planet tanah, yaitu Saturn

Hari Minggu dalam Bahasa Jepang

Nama Hari

日曜日
Nichi-youbi
Hari Minggu

Penjelasan

“Nichi-youbi” dalam bahasa Jepang adalah “hari Minggu” dalam bahasa Indonesia yang menunjukkan hari pertama dalam satu pekan.

Kanji 日 yang dibaca “nichi” atau “hi” memiliki makna “matahari”. Coba lihat setiap kanji 日 pada zaman kuno sampai sekarang. Kanji 日 ditulis sebagai bentuk matahari.

Sekiaaaaaaaaaaaaaaaaan.