Tips Super Belajar dari Anime sampai Kemasan Produk

lomba_2018Lomba Menulis, Tips & Review, ★kelas kita (クラスでの活動)

Halo sobat WKWKJapan! Bagaimana dengan kemampuan berbahasa Jepang kalian? Apakah sudah ada peningkatan atau masih mentok di situ-situ saja? Bila sobat merasa tidak ada perkembangan dan menginginkan suasana baru dalam belajar, sobat bisa bergembira karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai tips belajar bahasa Jepang yang menyenangkan. Baiklah, langsung sajaaaaa….

1. Menonton Anime

Jujur saja, saya tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang dikarenakan oleh anime. Frekuensi menonto anime yang terlalu sering, lama kelamaan berhasil membuat saya jatuh hati dengan bahasa Jepang. Melalui aktivitas ini, sobat bisa mendapatkan banyak sekali kosakata (ことば= kotoba) bahasa Jepang. Semakin banyak kotoba yang sobat miliki tentu akan mempermudah dalam pembelajaran. Selain itu, menonton anime membuat telinga sobat terbiasa dengan bahasa Jepang. Menarik bukan?

2. Melatih Memori dengan Flash Card

Flash card merupakan kartu bergambar untuk pembelajaran. Kartu ini memiliki dua sisi, yaitu sisi depan yang memuat pertanyaan dan sisi belakang yang memuat jawaban. Saat ini, flash card sudah tersedia dalam bentuk aplikasi digital yang bisa dipasang pada smartphone kesayangan seperti Ankidroid dan AnkiApp. Flash card ini cocok sekali digunakan oleh sobat yang masih sering lupa dengan hiragana, katakana, ataupun kanji sebab flash card akan sangat membantu dalam melatih memori.

3. Membaca Tulisan Jepang pada Kemasan Produk

Ketika sobat sudah hafal hiragana dan katakana, lalu apalagi? Nah, sobat bisa melatih kemampuan membaca aksara Jepang (entah itu hiragana, katakana, bahkan kanji) pada apapun yang sobat temui di lingkungan sehari-hari khususnya pada kemasan produk. Misalnya, pada produk sabun cuci piring Mama Lime terdapat tulisan ママライム, produk minuman Ornamin C juga terdapat tulisan オロナミンC ドリンク, dan masih banyak lagi. Oh iya, jika sobat menemukan aksara kanji dan tidak tahu cara membacanya, sobat bisa men-scan-nya menggunakan Google Terjemahan atau aplikasi lain.

4. Membaca NHK Easy Japanese News

Jika membaca tulisan pada produk kemasan kurang gereget, sobat bisa mencoba menggunakan aplikasi NHK Easy Japanese News. Aplikasi ini menyediakan layanan berita berbahasa Jepang lengkap beserta audio-nya. Selain itu, aksara kanji juga disertai dengan furigana sehingga akan membantu sekali bagi sobat yang masih sulit dalam menghafal kanji. Hihihi….

Itulah beberapa tips belajar bahasa Jepang yang dapat saya bagikan. Sobat bisa mencobanya sebagai alternatif dalam belajar bahasa Jepang. Selamat mencoba!

※ Catatan: Saya tidak bermaksud mempromosikan produk-produk maupun aplikasi
yang disebutkan dalam bacaan di atas. Terima kasih. 🙂

Penulis: Risma Rahmawati