Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Jepang

lomba_2018Lomba Menulis, Tips & Review, ★kelas kita (クラスでの活動)

Kesulitan menerima dan menanggapi sebuah materi pelajaran memang lazim. Tapi, semua kesulitan bisa diatasai dengan metode belajar yang asyik, nah kali ini, saya akan membagikan sedikit tips belajar bahasa Jepang yang gampang untuk dilakukan. Berikut cara/metode yang asyik ala anak pecinta Jepang.

1. Menghafalkan Kotoba atau kosa kata

• Ketika guru memberikan materi hafalkanlah semua kosa kata yang telah diberikan, jangan lupa tuk membuat catatan kecil agar bisa dibawa kemana-mana. Kemudian kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti contoh: ketika kita sedang jalan-jalan, kita melihat mobil, kita mesti reflek menyebut dalam bahasa jepang (Kuruma/Jidousha=mobil), jika kalian lupa, kalian bisa membuka catatan kecil yang kalian taruh di saku anda, sungguh simple kan?

• Hafalkan hiragana,katakana ataupun kanji dengan cara menulis dibuku kecil ketika waktu senggang, dengan ini secara tidak sengaja akan melatih kalian dalam menulis maupun membaca.

• Menempel atau menggantung beberapa kosa kata maupun pola kalimat di rumah dimana pada bagian bagian yang sering kalian lalui, seperti contoh depan pintu, kamar mandi dsb. Dengan cara ini secara tidak sengaja akan menguatkan ingatan kalian dalam beberapa pola kaliamat yang berhubungan dengan materi yang guru berikan, saran saya jangan hanya sekedar dilihat dan dilalui ya, sesering kali cobalah baca dengan suara keras dan cobalah membuat kalimat dengan contoh pola kalimat yang tertempel.

2. Melatih percakapan

• Melakukan latihan percakapan dengan diri sendiri melalui cermin, atau bersama teman mengenai situasi yang dialami orang orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari.

• Membiasakan diri berbicara bahasa Jepang dengan teman akrab ketika akan bertemu maupun dalam kegiatan.

• Jangan lupa perhatikan juga gesture atau gerak tubuh dalam berbicara, gerak tubuh sangat berperan penting dalam proses berbincang di Jepang, karena agar terkesan sopan.

3. Mendengarkan

• Dengarkanlah secara pasti intonasi seseorang dengan jelas, dimana dengan menatap mata lawan bicara secara langsung, akan memudahkan kita untuk menangkap apa yang dia katakan.

• Rajin mendengarkan bahasa Jepang, baik itu musik, film, anime,maupun melalui CD, jika anda kurang paham maksud suaranya cobalah membuka kamus/google translate untuk mencari artinya.

• Merekam dengan aplikasi recorder ketika anda membaca atau mempelajari sebuah materi, kemudian mainkanlah rekaman suara anda sendiri dengan mengikutinya kembali, apakah intonasi anda sudah benar atau belum.

4. Mempelajari kembali

• Pelajarilah kembali semua materi yang guru berikan dengan cara menjawab atau berlatih menjawab soal soal latihan, dengan cara ini secara tidak sengaja akan membuat kalian selalu mengingat semua kosa kata, maupun pola kalimat secara efektif. Banyak cara mengulang pelajaran lo, bisa melalui kerja kelompok, chating bersama pacar, cobalah kalian menelpon membahas pelajaran, cobalah berlatih bercakap romantis dengan bahasa jepang, dijamin keren. Buat yang jomblo? 😂 Tidak apa, jomblo bukan berarti tidak belajar ya, cobalah kalian juga secara perlahan melakukan pengulangan dengan menelpon teman atau pacar teman.

5. Berdoa

• Faktor paling utama kesuksesan kalian adalah “Doa” karena dengan adanya doa, jalan kalian menuju cita cita kalian akan sedikit dipermudah oleh Tuhan yang masa Esa. Semua faktor dan kejadian hanya beliau yang memberi ijin, maka dari itu sesibuk apapun kalian , jangan pernah untuk absen berdoa kepada Tuhan.

Nah itulah sedikit tips/metode belajar yang efektif ala anak pecinta Jepang yang bisa saya bagikan kepada teman teman, semoga artikel di atas dapat meberikan hal yang positif kepada teman teman kedepannya. sampai jumpa dan TERIMA KASIH.

Penulis: Putu Wita Muliyadi