Selamat Malam dalam Bahasa Jepang, “Konbanwa”

Materi Bahasa Jepang SMA Kelas X, N5Percakapan, Salam

 

“Konbanwa”, Salam Pertemuan pada Malam Hari

 

Ucapan

 こんばんは。 
 Konbanwa. 
 Selamat Malam 

 

Penjelasan

“Konbanwa” adalah salam pertemuan yang diucapkan pada malam hari. Ucapan “konbanwa” digunakan untuk mengucapkan “selamat malam” secara umum dalam bahasa Jepang. Pada dasarnya, “konbanwa” dapat digunakan pada malam hari mulai dari sekitar matahari terbenam sampai tengah malam.

Penggunaan “konbanwa” yang menyatakan salam pertemuan pada malam hari mirip seperti “konnichiwa” yang menyatakan salam pertemuan pada siang hari. (baca penjelasan konnichiwa juga → KLIK) Seperti ucapan “konnichiwa”, pada umumnya, “konbanwa” hampir tidak digucapkan kepada orang yang sering bertemu sekaligus hubungannya dekat dengan pembicara seperti anggota keluarga, teman akrab, atau pacar, tetapi digunakan untuk menyampaikan salam pertemuan kepada orang-orang di luar kelompok pembicara dengan sopan.

Terakhir, “Konbanwa” ditulis sebagai こんばん(ko,n,ba,n,ha) dengan hiragana (aksara Jepang), tetapi dibaca “ko,n,ba,n,wa” (bagian terakhir dibaca “WA” bukan “HA” tetapi ditulis は bukan わ).

 

 

Sebenarnya, “Konbanwa” Diucapkan Kapan dan Sama Siapa?

Jam Berapa Sampai Jam Berapa?

Pada dasarnya, ucapan “konbanwa” mulai digunakan pada saat matahari terbenam. Berarti, batas waktu penggunaan antara “konnichiwa” dan “konbanwa” adalah waktu saat matahari terbenam juga. Namun, di sini belum dapat menentukan jam berapa kita boleh atau harus mulai mengucapkan “konbanwa” karena waktu matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat itu tergantung pada setiap musim dan setiap daerah. Maklum, selisih waktu matahari terbenam (atau terbit) di antara musim panas dan musim dingin di Jepang terdapat yang paling banyak kira-kira tiga jam. (Berarti sebenarnya waktu matahari terbenam setiap hari diubah walaupun sedikit demi sedikit). Selain itu, terdapat juga perbedaan waktu matahari terbenam atau terbit di antara setiap daerah juga. Lagi pula, jika cuacanya buruk seperti hujan, kita tidak dapat melihat jam berapa matahari tenggelam. Jadi, apa yang paling penting untuk menentukan mana yang paling tepat digunakan “konnichiwa” atau “konbanwa” adalah waktu menjadi gelap di sekitarnya.
Umumnya, “konbanwa” mulai digunakan menjelang matahari terbenam dan suasana mulai menjadi gelap, yaitu sekitar jam 17.00 ~ 19.00.

 

Kepada Siapa?

Terdapat dua situasi saat mengucapkan “konbanwa”, yaitu saat bertemu dengan orang lain atau berkunjung ke tempat orang lain.

Pertama, “konbanwa” digunakan saat bertemu dengan orang yang hubungannya tidak begitu dekat dengan pembicara atau tidak sering bertemu dengan pembicara seperti orang yang baru kenal, tamu yang datang dari luar, anggota sekantor tetapi tempat kerjanya berbeda, tetangga, atau orang umum pada malam hari. Selain itu, “konbanwa” dapat digunakan juga untuk menyampaikan “selamat malam” sebagai ucapan “permisi” saat mengunjungi tempat orang lain seperi rumah orang.

Sebaliknya, “konbanwa” sangat jarang digunakan kepada orang yang sering bertemu sekaligus hubungannya dekat dengan pembicara seperti anggota keluarga, teman akrab di sekolah, sahabat rekan di kantor, atau pacar, dsb. Pada dasarnya, ucapan “konbanwa” digunakan untuk menyampaikan salam pertemuan secara sopan kepada orang umum atau orang yang ada di luar kelompok pembicara. Berikutnya, penggunaan ucapan “konnichiwa” pada setiap situasi.

 

 

Contoh Penggunaan “Konbanwa” pada Setiap Situasi

 

○ = tepat
× = tidak tepat
△ = tergantung situasi

 

Saat Bertemu Dengan

Anggota keluarga: ×
Saudara yang jauh (tidak sering bertemu): 
Teman sekolah: ×
Guru: 
Sahabat rekan sekantor: ×
Atasan atau anggota sekantor: (biasanya menggucapkan “otsukaresama desu” saat kerja tetapi boleh saja menggunakan “konbanwa” di luar jam kerja)
Tamu: 
Tetangga: 
Orang yang baru kenal: 

 

Saat Berkunjung Ke

Rumah sendiri : ×
Rumah saudara:
Rumah teman: 
Rumah orang lain: 
Tempat kerja sendiri: ×
Tempat kerja orang lain: 

 

 

Asal Usul Ucapan Konbanwa

Ucapan “konbanwa” terbuat dari kosakata “konban (こんばん)” dan partikel (sejenis kata penghubung) “wa (は)”. “Konban” memiliki makna “malam ini”, sedangkan partikel “wa” berfungsi sebagai penanda topik. Awalnya, frasa “konban + wa” menunjukkan “malam ini” sebagai topik utama untuk berbicara tentang hari ini.( = “tentang malam ini, ~” dalam bahasa Indonesia ) Jadi, seharusnya terdapat juga kalimat selanjutnya yang tersembunyi setelah “konbanwa” seperti “bagaimana kabarnya?”, “baik-baik sajakah”, atau “bagaimana cuacanya?”. Nah, sebenarnya, ucapan “konbanwa” berasal dari ucapan “konban wa gokigen ikaga desu ka” yang menyatakan “bagaimana kabarnya tentang malam ini”. Namun, sebagai ucapan sehari-hari, kalimat tersebut akhirnya disingkatkan menjadi “konban wa” saja untuk menyatakan salam pertemuan pada malam hari secara singkat.

Tambahan saja, partikel (wa) yang ditulis dengan hiragana dibaca “Wa” sehingga Selamat malam dalam bahasa Jepang juga ditulis sebagai こんばん tetapi dibaca “konbanwa”.

 

“Rangkuman Salam Pertemuan dari Pagi sampai Malam dalam Bahasa Jepang" dapat Anda baca di bawah 🙂