Testimoni Wkwkjapan.com

testimoni★kelas kita (クラスでの活動)

Ini testimoni (penilaian oleh pengguna) dari siswa siswi wkwkjapan.com yang belajar bahasa Jepang di grup facebook. Sebenarnya, selain testimoni di bawah ini, masih banyak surat atau pesan juga masuk ke wkwkjapan.com. Kami juga ingin mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan dan kerja samanya kepada member wkwkjapan.com. Terima kasih banyak 🙂

Testimoni 2018

Farhanah Helwah
Saya diterima alias mulai bergabung digrup ini sejak hari Kartini tahun lalu,saat itu saya masih belum terlalu hafal huruf hiragana & katakana,Sensee dengan begitu sabar & rajinnya mengajarkan,melatih & membimbing saya dan semua murid ( dg ribuan watak & karakter yg berbeda2),semua materi yg disampaikan oleh Sensee sungguh detail sehingga mempermudah pembelajaran & pemahaman bahasa Jepang terutama bagi saya sendiri.Meskipun saya tidak memiliki tujuan khusus,tapi saya sangat suka belajar bahasa Jepang digrup ini dan saya masih sangat berharap bisa terus melanjutkan pembelajaran bahasa Jepang ini,sehingga suatu saat nanti ( semoga ) saya akan bisa,akan mampu membaca semua huruf Jepang (Hiragana,katakana & kanji) dan juga mampu memahami ( isi/makna) setiap bacaan beraksara & berbahasa Jepang.Saya sangat berterima kasih kepada Yushi Tanaka Sensee,Kinanthi Ayu Larasati Sensee & Citra Citra Sensee yg telah meluangkan waktunya untuk grup ini,juga saya ingin memohon maaf karena saya sering membuat kesalahan secara berulang,ngeyel & manja.Majulah & jayalah grup “Belajar Bahasa Jepang Bersama Guru Orang Jepang", *Doumo arigatoo gozaimasu,Sensee..
ヨギ
おはようございます先生たち。 Saya peserta kursus Online di facebook. Ini testimoni yang saya buat selama saya mengikuti kegiatan kursus online. Untuk saat ini, kursus online yang diadakan wkwkjapan adalah yang terbaik dari segi materi, pengajar, dan metodenya. Sensei dan senpai sangat membantu dalam mengahadapi kesulitan selama pelajaran, tapi juga membantu kami untuk mandiri dalam menyelesaikan masalah kami. Saya sangat berterimakasih kepada sensei dan senpai sekalian. Saya juga bersyukur bisa bergabung. Semoga kedepannya saya bisa lebih aktif lagi😊😊. Salam hangat
Nuri Tobing
Sehari libur belajar berasa ada yg kurang apa gitu, senang bisa belajar tiap hari walaupun selalu salah2 kerjain latihannya.. Terima kasih banyak 先生 😘😘
Andri Zhou
Mengenai grup ini ya hmmmm,menurut saya Tanaka san orangnya sangat sabar, teliti, baik hati, cuma saya takut dimarahi oleh beliau kalau memang saya sendiri yang salah 😁. ini secara personal sih. dan lilik san, beliau juga turut aktif membantu tanaka san (saya pikir lilik san, membantu memeriksa materi milik tanaka san khususnya penjelasan bahasa Indonesia) dan citra-san, saya sangat suka artikelnya dan e-honnya sungguh menarik. pokoknya kesan mereka di mata saya subarashii sekali benar benar hebat. btw, saya belajar sama beliau sejak tahun 2016, tepat bulan Maret 2017. dari awalnya gak bisa apa apa, sekarang sudah punya basic N4-N5 (Sepertinya pondasinya masih belum 100%) yang notabenenya gerbang menuju N3. nah yang sangat saya suka, adalah isi materinya benar benar lengkap sekali dan mudah dimengerti. jadi rasanya terbantu sekali dengan adanya materi ini. jadi bagi mereka yang sulit mendapat akses materi dari sabang sampai merauke, tidak perlu khawatir cukup klik wkwkjapan.com dan ikuti lesnya secara rutin dan rajin, pasti tujuan untuk jago bahasa Jepang tercapai . kesan berikutnya, saya pernah bertanya eh malah ditanya balik dan disuruh cari, bagaimanapun petunjuk yang beliau berikan, mendorong saya untuk mencari jawaban sendiri. well tapi intinya: このクラスのおかげで、日本語が得意になりました。 🙂
enggar pujia
Sebelum bergabung dengan grup ini saya bagai butiran debu yang terhempas kesana kemari (maaaaf alay sedikit hehehe), karna saya sangat pemula jadi bingung mau belajar apa dulu yaa. Setelah berkembara searching bertemulah saya dg grup ini *banzai 😁 Awal saya takut tenggelam karena belum bisa sama sekali tapi ternyataa grup ini sangatt keren kore , kenapa ? Karena kelas dibuka serentak dan ada jadwal kelasnya, jadi gak bingung belajarnya. Kalau pas ketinggalan kelas(saya sering hehe maaaf),materinya bisa direview ulang diwebsite lho . Setiap materi ada ilustrasi (pakai gambar unyuu 😊) jadi mudah dipahami , ada latihan , quiz ,mini tes(selalu bikin degdegan tapi bisa jadi motivasi juga).Kalau ada yg gak paham boleh diskusi dg teman teman atau tanya ke Sensee Yushi atau Sensee kinanthi (Sensee Yushi orang jepang asli lhoo 😁). Tidak hanya belajar bahasa tapi budaya dan info tentang jepang lainnya. Banyak sekali pengetahuan yg saya dapat dari grup ini . Terimakasih banyak sensee😊.
Ela Mentari
Saat ini saya sedang belajar bahasa jepang secara intensif dalam rangka persiapan aplikasi beasiswa S2 ke Jepang. Saya sangat terbantu dengan adanya ruang belajar yang difasilitasi oleh wkwkjapan.com. Proses pembelajaran dilakukan secara online melalui sebuah grup Facebook yang bernama “Belajar Bahasa Jepang Bersama Guru Orang Jepang”. Pengajar pada grup ini terdiri dari 2 (dua) orang yang sangat kompeten dalam bidangnya dan 1 (Satu) orang moderator. Pengajar pertama merupakan orang Jepang yang mahir berbahasa Indonesia. Sedangkan pengajar kedua adalah orang Indonesia yang telah memegang sertifikat N1 (level kemampuan berbahasa Jepang tingkat Advance) yang sekarang berprofesi sebagai penerjemah senior di Indonesia dan seoarang moderator yang telah lulus N3 (Level kemampuan berbahasa Jepang Tingkat Intermediate). Materi yang diajarkan meliputi materi yang sangat dasar (basic) hingga ke level menengah (intermediate), sehingga sangat cocok untuk pembelajar tahap pemula yang belum mengerti sama sekali tentang bahasa jepang. Dalam proses pembelajaran, materi disampaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sangat mudah dipahami, terbukti dari antusiame para murid yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan (SD – SMP – SMA – Mahasiswa – Guru –Pekerja). Berdasarkan pengalaman saya yang telah 6 (Enam) bulan belajar pada lembaga wkwkjapan.com, saya sangat merekomendasikan untuk para pemula yang ingin sekali bisa berbahasa Jepang untuk belajar dilembaga ini.
Fizar Rama Waluyo
Saya beruntung ada orang yang mau membantu kami dalam belajar bahasa jepang dengan gratis (hanya membutuhkan kuota & semangat belajar yang tinggi) . Di WkwkJapan.com saya banyak belajar bahasa dan budaya Jepang . Selain itu cara pengajarannya pun mudah di mengerti dan dipahami serta di ajarkan langsung oleh ahlinya yaitu Tanaka Sensee (Orang Jepang) dan hal tersebut membuat saya lebih tertarik dan bersemangat karena orang jepang langsung yang memberikan pelajaran-pelajaran tersebut . Jadi tidak diragukan lagi isi materi bahasa jepang (wkwkJapan) karena di buat oleh orang jepang nya langsung . Dan dengan adanya grup ini saya mempunyai modal keberanian untuk study atau survival di negara Sakura. 😊
muhamad ridwan
Sungguh terima kasih yang tak terhingga untuk wkwkjapan milik tanaka sensei..berkat pelajaran yang selalu di berikan oleh tanaka sensei, saya bisa lulus jlpt N4 thn 2017 lalu, materi yang mudah di mengerti bagi pemula dan mini tes yang slalu menambah wawasan membuat saya senang tuk selalu ikut setiap pelajaran yg beliau berikan, cuma di wkwkjapan belajar bhs jepang gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Harapan besar saya, Semoga wkwkjapan selalu memberikan pelajaran sampe level tertinggi yaitu N1. Klo bisa ingin belajar langsung di jepang bersama sensei…先生、これからもよろしくおねがいします
Ayiep Arckanantha
Saya selaku orang indonesia yg skrg berada di jepang ikut terbantu dg adanya grup ini..terlebih saya berangkat ke jepang bahasa jepang saya amburadul…terima kasih sensei ini sangat membantu..tolong jangan selesai sampai dsini sensei
Deni Hardi
Hmm… Bagi saya belajar di grup ini sangat sangat sangat membantu banget. Materi lengkap, guru-guru nya asik dan seru, cara penyampaian nya pun cukup mudah dipahami. Ilmu yg didapat benar-benar bermanfaat.. saya sangat bersyukur Yushi Tanaka sensei dan pengurus lainnya mau meluangkan waktu dan pikirannya untuk memberikan materi berkualitas. Grup ini luar biasa, banyak hal yg bisa dipelajari. Terima kasih banyak, semoga jadi amal kebaikan baik dunia maupun akhirat kelak. (^^)v
Dandelion Tika
1.‎ Yushi Tanaka sensee berasal dari Jepang yang jago banget bahasa Indonesia. ‎ ‎2.‎ Kinanthi Ayu Larasati sensee berasal dari Indonesia, pernah tinggal di Jepang dan jago ‎bahasa Jepang ‎3.‎ Moderatornya: citra citra-san, bisa jadi inspirasi dan motivasi buat lebih serius dan tekun ‎belajar. ‎ ‎4.‎ Ada interaksi dan komunikasi, jadi, seperti sedang belajar dikelas sungguhan.‎ ‎5.‎ Sensee-nya : telaten, sabar, semangat, konsisten, tegas, serius dalam mengajar, dll.‎ ‎6.‎ Materi nya super lengkap dan terstruktur, ada latihan per materi, mini tes per minggu, ‎jawaban langsung dikoreksi oleh sensee.‎ ‎7.‎ semoga, Yushi sensee bisa keliling Indonesia, gratis. ‎ ‎8.‎ Dan semoga, blog http://wkwkjapan.com/ dan grup FB (Belajar Bahasa Jepang Bersama ‎Guru Orang Jepang) nya makin maju dan dapat banyak sponsor.‎ ‎9.‎ Cara Yushi sensee menyampaikan materinya, membuat saya jadi lebih mudah memahami ‎bahasa Jepang. Saya ucapkan beribu-ribu terimakasih.‎
Farah Maulani
terima kasih telah banyak membantu sensei. saya sendiri sangat terbantu setelah tahu grup ini, walaupun kadang masih malas malasan belajar. tapi kalau pas buka hp dan buka facebook, pola belajar 日本語 saya jadi lebih terarah ☺ saya harap, kedepannya grup ini bisa terus berkembang sampai belajar bersama level N1 どうもありがとうございました先生❣
おとひめしき おつつき
Group les wkwk japan ini sngt mmbantu saya dlm bljr bhsa jpng. Keinginan sya bljr bjsa jpng untuk bkrja skligus bljr lanjutan dsna. Alhamdulillah brkat group ini sya uda ad sdkit kemajuan tntang bhsa jpng…trima ksih sensei tlh mngajri kmi dg spnuh hati tnpa mngeluh…smoga group ini ttep lancar sprti biasa. Aminnn….
うのくん うの
Kesan yg sy dapatkan bnyak ilmu yg di dapat,tapi seiringnya waktu,terkadang lupa harus,bnyak belajar dan membuka materi materi pelajaran oleh sensei.dan saya ingin menjadi guru bhs japan suatu saat nanti,walaupun kesempatan untk kerja ke japan dan menuntut ilmu di japan sangat tipis,tetaplah semangat sensei.
グスチィアント
Buat Group Belajar Bahasa Jepang Bersama Orang Jepang, sangat membantu sekali buat siapa saja yang ingin belajar Bahasa Jepang. Yang terhormat buat sensei di Group ini beliau Yushi Tanaka sensei,, beliau sensei yang sangat baik hati dan penuh perhatian,tegas serta sabar dalam mengajar siswa/i di Group ini. Terima kasih banyak sensei,, atas pemberian ilmunya dan bimbingannya yang penuh selama belajar disini. Maaf, juga dari diri saya pribadi atas kesalahan yang pernah saya perbuat sensei. Sensei,, memang manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Terima Kasih Banyak sensei Yushi Tanaka. Salam Hormat.
Fajar Ramadhan
tau grup ini dari tabloid halojepang baru mulai belajar skrg2 ini 😂 akhirnya setelah sekian lama ada grup yg mau nyedian materi b.jepang dari awal bgt. sangat terbantu si buat yg waktunya ga menentu buat belajar… arigatou gozaimasu
Yorensy Joviana S'aiNt
Aku beneran salut banget sama grup ini, konsisten membina kami semua sampai detik ini,mengoreksi latihan kami semua satu demi satu, sungguh.. waktu,tenaga dan pengorbanan para sensei tak terkira,eakk 😂😂 Kedepannya aku harap grup ini tetap berjalan,semua nya ud bagus menurutku,tapi ku pengen ada latian choukai.. (cuma ngarep).. karna ilmu itu buat dipraktekan.. klo gak y cuma jadi ilmu pengetahuan donk wkwkwk, dan sebenarnya lagi ngejar materi yg banyak tertinggal kemarin😂😂 ,ganbatte buat semua yg belajar
Lucky Abdullah
Sangat berguna, konsep2 dan pola kalimat bahasa Jepang dijelaskan dengan sangat sederhana sehingga mudah dimengerti. Sebelumnya saya sudah les di tempat belajar bahasa Jepang dan belajar materi mengenai N5, namun pengajarnya payah dalam hal menyederhanakan konsep, sehingga ketika belajar materi n4, saya masih kebingungan dengan materi n5. Namun berkat membaca materi n5 di sini, saya bisa memahami materi tsb dengan baik sehingga bisa meneruskan belajar materi selanjutnya. menurut saya pengajaran materi di sini lebih mudah dipahami daripada tempat les bahasa jepang saya.Terima kasih先生
Supri Yadi Winata
Pesan dan kesan saya pada grup ini sangat luar biasa bagus dan sangat bermanfaat buat saya yang sedang mencoba memperdalam bahasa jepang dengan modal minim. Tanpa adanya grup ini mungkin saya masih mencari cari ilmu yang mungkin juga salah.terima kasih untuk sensei dan admin serta moderator grup. Harapan saya pada grup ini agar terus berkembang dan bisa bermanfaat buat yang lainya.. 👍
Debora Truly
Kesan selama belajar kurang lebih enam bulan, sangat senang dan berterima kasih sekali, Sensei mengajar materi-nya terlihat diatur sedemikian rupa sehingga materi mudah dipahami, latihan/pr yg selalu ada sehingga materi wajib dibaca dan dipahami, ada komunikasi dua arah (sensei periksa jawaban satu-satu dengan sabar dan teliti, apabila ada pertanyaan terbentuk diskusi dan sensei berkenan untuk menjawabnya), ada test di akhir setiap satu topik, jadwal les/test yang selalu tepat. Sekadar saran saja mungkin penerimaan siswanya bisa terjadwal saja Sensei, di awal tahun ajaran atau semester baru saja. Demikian mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Salam. Terima kasih banyak Sensei. 🙏🏻
Nitsuga Chan
Grup ini sangat membantu kami yang ingin belajar bahasa jepang tp tidak tahu mau mulai dari mana. Materinya sangat dipahami. Sangat menyenangkan. Meski saya sering terlambat melakukan latihan ( karna jam kerja saya ) tapi para sensei masih sempat mengecek hasil latihan saya 本当にありがとうございました🙇
Kartika Sari Lailatul
terbantu sekali bergabung di grup “Belajar Bahasa Jepang Bersama Guru Orang Jepang" karena pelajarannya runtut, penjelasan sensei juga mudah dimengerti, kalau ketinggalan tinggal buka materi sesuai jadwal, dan yang terakhir sensei orangnya seru dan baik buaanget.. ^^ terbaik dan recommended lah pokoknya 😃👍 . ibarat kita disini udah dikasih makan komplit di depan mata, tinggal kitanya sendiri yang mau makan atau tidak, makan dengan lahap atau perlahan-lahan😉
Fä Rï Dã
Step by step untuk belajar. Seperti seorang anak yg sedang belajar merangkak. Dari belajar cara penulisan yg benar, kosa kata bahkan susunan kata yg benar. The best teacher ありがとう
Sekar Sakura
Makasih banyak sensei, grup ini sangat bermanfaat dan membantu saya utk mengulang dan mengingat lagi pelajaran yg dulu pernah sy pelajari. Benar kata org2 kalo belajar bahasa harus sering dipakai biar ngga lupa. Smoga aja sensei ga bosan2 ngajari kita hehe… Arigatoo gozaimashita, mata onegaishimasu
Nova Suci Mardiah
Gaada belajar yang senyaman ini, saya sngt berterimakasih sudah bisa bergabung, dengn kesibukan saya ttp msh bisa bljar dngn materi2 yang ada, semuanya terbuka dan baik wlaupun sy ktinggalan banyak. Doumo sensei 🙂🙂
Silvia Isabella
Saya seorang ibu rumah tangga yang ingin sekali belajar bahasa jepang dan suatu saat saya menemukan belajar bahasa jepang gratis di sini, saya senang sekali. cara sensee mengajar sangat mudah di mengerti,saya benar2 berterimakasih ada orang2 spt sensee2 yg mau meluangkan waktunya untuk mengajarkan kami scara gratis. Saya benar2 baru menemukan group kursus yang kurikulum materinya seperti sebuah sekolah ( bukan seperti tempat kursus yg seminggu paling banyak 2x pertemuan), teratur , terjadwal dgn baik, dan sensee dgn rajin memeriksa jawaban dari setiap latihan atau kuis yg diadakan. kalau saya harus bayar, pasti mahal sekali ini. Terimakasih banyak sensee2,Tuhan memberkati …
X Yuna
Tambah semangat belajarnya setelah masuk grup ini. moderator, admin, serta para sensei2 yg membagikan pembahasan juga baik.. Pokoke joss lahh..
Ari Ramadhan Saja
GRUB Ini sangat hebat, awal gabung tahun 2017 (msh sekolah) mulai belajar bahasa jepang dasar, namun karena sekarang udh mulai kerja jd agak sibuk dan ketinggalan pelajaran, namun saat waktu luang dapat belajar materi sebelumnya karena sistem yg baik. Sangat membantu. 😀 Arigatou Gozaimasu minna
Shara Zsa
grup inil sangat membantu sekali bagi pemula bhs.jepang, materinya tersistem dan mudah dipahami, saya memang jarang ikut les online disini tapi saya belajar dari situs wkwk.jepang, mungkin kalau ada audio percakapan kaya situs nhkworld akan lbh bagus lagi jadi bisa lbh paham gimana cara bicara bhs.jepang yg benar, arigatou gozaimasu Yushi Tanaka sensei yg sudah mau berbagi ilmu dan meluangkan waktu u/ mengajar digrup ini
Deta Angriyani
Pertama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Yushi Tanaka Sensee yg sabar banget dalam mengajarkan saya karena saya memiliki daya tangkap yg Lola, dan Yushi sensee jago banget bahasa Indonesianya, intinya Yushi sensee luar biasa deh tiada duanya 👍👍
Ivan Hanz Szayelaporro Granz
Grup ini bagus sekali apa lagi para sensei yg mengajarkan penuh disiplin, para pelajarpun juga sangat antusias dan tidak takut salah dalam belajar , dari segi materi belajar juga sangat rapi dan teratur dimulai dari yg Easy – Hard masih tertata rapi hingga sekarang memasuki N4
Ramdani Slamming
Grup ini sangat membantu saya untuk mengingat kembali bahasa huruf hiragana. katakana walaupun belum secepat orang orang yang sudah biasa (jepang) arigatou gojaimasu
Putu Diah Purnami Sari
Munurut saya dengan adanya grup ini bisa mengajarkan saya bahwa dari kesalahanlah kita belajar, dari hobi dan kecintaan yg sama kita bisa berteman, dengan kesabaran dan ketekunan pula kita dapat meraih apa yang kita inginkan. Begitu pula dengan belajar Bahasa Jepang, walau banyak kesalahan saya namun karena grup ini saya jadi lebih bersemangat untuk memperbaiki lagi dan lagi serta mempelajari Bahasa Jepang.Walaupun saya sering absen karena ketiduran, namu postingannya masih bisa dipelajari juga,,wahh syukur^^Grup ini memberikan manfaat yang positif, pembelajarannya sangat kreatif, inovatif, serta menyenangkan^^. Saya sangat bersyukur dapat bergabung dengan grup ini. Semoga grup ini dapat selalu memberikan pembelajaran yang makin hari makin baik dan tetap menjadi grup yang mau menerima member pemula seperti saya^^ terakhir saya ucapkan terima kasih kepada Yushi Tanaka sensei, sensei lainnya dan member semuanya. Ayo lebih bersemangat lagi untuk belajar Bahasa Jepang!
Henry Aprilian Nugroho
grup ini sangaat membantu untuk orang2 seperti saya yang ingin belajar bahasa jepang dengan serius dari awal. grup ini sangat membantu kalian bagi yang ingin belajar bahasa jepang tapi terbebani oleh harusnya kursus bahasa jepang, yaa disini tempatnya. materi2nya mudah dipahami. senseinya ramah, pokoknya kesannya selalu baik buat aku. Yaa walaupun aku masih belajar di materi2 awal dan aku merasakan progres yang meningkat disetiap aku belajar materi2 selanjutnya. maaf belum bisa gabung di materi2 terkahir karena aku belum sampai di materi2 tsb. すみません。terimakasih untuk tim yang ada di belakang grup ini maupun sensei2 yabg sudah secara sukarela mengajarkan ilmunya untuk membantu orang2 seperti saya. semoga perbuatan kalian menjadi berkah untuk kalian. ingat, salah satu pahala yang terus menerus mengalir adalah ilmu yang bermanfaat, dan terimakasih sudah memberi kami ilmu yang bermanfaat itu. ありがとうございました 先生。😊😁
Komang Ayu
Saya sangat senang bisa belajar bahasa jepang bersama para guru,dan sahabat lainnya,dan saya sangat berterimakasih dengan sensei semua karena bantuan sensei saya sekarang bisa bahasa jepang walau mungkin kurang jago juga….!!
Ikhsan Ibrahim
grup ini sangat membantu bagi saya, karena di sekolah saja saya di anggap paling jago dalam bahasa jepang. tp sebenarnya saya sendiri dalam pelajaran materi di grup ini saya sudah banyak yang tertinggal karena sibuknya pelajaran sekolah saya(smk) saya berharap sensei yang ada disini masih mau membingbing kami ssemua yg masih polos. belajar bahasa jepang itu gak ada yg gtatis semuanya bayar bahkan di sekolah. tp di sini gratis. ini sangat jarang karena masih ada orang yang mau berbagi ilmu secara gratis. sensei arigatou gojaimasu.😃😀
Faizal Hamdan
Grup ini sangat membantu saya, saya masuk ke grup ini bulan maret 2018(materi tertinggal 2 bulan karena semester 1 dimulai januari).. Tapi untungnya, disekolah belajar b jepang juga, jadi yang tertinggal udah tau dasarnya.. Dan saat ini saya sudah merasa banyak manfaatnya, bahkan sudah jauh melebihi materi di sekolah 😅.. Dan saya juga sangat berterima kasih pada admin dan sensei disini, terutama tanaka sensei.. Arigatou gozaimsu 😊🙏 semoga semester depan bisa lebih baik lagi dan bisa lanjut ke level N3 dan seterusnya..
Yuuki Zu
Sangat senang dan berterimakasih karena sudah membantu mengajarkan kami bahasa jepang yang benar. 😁 terimakasih sensee sudah memberi ilmu kepada kami. Pokok nya terbaik. Jangan pernah bosan ya sensee 😁
Sakurai Hiroki
Pokoknya is the best, can’t say anything
M Han Gakarian Cityzen
kesan saya belajar bahasa jepang di grub ini saya jadi semangat yang tadi nya saya tidak tau apa-apa sekarang mulai sedikit tau tentang bahasa jepang dan budaya jepang untuk itu saya sangat berterimakasih kepada sensee sudah mau meluangkan waktu nya untuk kami semoga grub ini terus berjalan untuk waktu yang sangat lama. arigatou gozaimasu sensee
Sriyanti Muding
Salah satu impian saya adalah membuka tempat les bahasa Jepang di daerah saya. Saya sangat senang & terbantu sekali setelah bergabung di group ini. Materi & penjelasannya sangat lengkap buat saya yang belajarnya secara otodidak. Doumo arigatou.. 🙂
Yuli Setiawan
Saya baru digrup ini salam kenal terima kasih sudah menerima saya ,metode pengajaran grup ini bagus dan menarik terima kasih sensei dan teman2 semoga grup ini langgeng,amin
Alrova Junita
Saya belum lama bergabung dengan group ini, tapi yang saya rasakan metode pengajaran yang sensei berikan sangat menyenangkan dan mudah dipahami. Apalagi disertai dengan banyak contoh dan latihan. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih buat sensei yang sudah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dengan kami, mengoreksi setiap latihan dan memperbaikinya.
Muhamad Nurdiansyah
Kesan saya belajar bahasa jepang di grup ini adalah saya menjadi orang yang lebih semangat dalam belajar jpg,bukan hanya bahasa jpg tapi yang lain.Dan disini guru nya asik,seru,profesional,dan teman2 yang baik.Aku disini memulai bagaimana caranya menjadi orang yang susah,dulu aku blajar bhs jpg susah bngt tanpa hp.dan sekarang punya,,dan aku menjadi semangat terimakasih sensei
Author Art
では, 始める よ! Eetto, walaupun saya jarang nongol tapi kesan saya di grup ini adalah, j ni grup pertama yang benar-benar bisa membantu saya dalam mempelajari bahasa jepang dengan baik dan benar, saya juga punya impian bisa menjadi salah satu mangaka indonesia yang bisa go internasional, terutama bisa terkenal sampai jepang, saya juga ingin bertemu mangaka panutan saya yaitu 増さし 岸本ー先生 dan 高き 強しー先生 それ は 何故 この グルップ が 超 足す勝てるの よ! ここ 空 は よろしく お願いします
Asnah Khoiriyah
dengan adanya grup ini membantu saya belajar bahasa jepang. sensei disini juga profesional dan asik-asik. jujur saya dari dulu penggemar anime jepang. dari anime saya bisa tahu lagu jepang, budaya jepang, dll. walau begitu saya masih belum mengerti struktur bahasa jepang dan grup ini sangat membantu akan hal itu. ほんとうにありがとうございます。
Ishida Fazali Alwi
Kesan saya dengan grup ini adalah sudah ada didalam hati saya….tapi ada beberapa yang dapat saya jabarkan yaitu mengenal materi dan teman baru… Maaf sensee cukup ini saja yang dapat saya kasih… Dan saya posisi lagi sedikit sakit.. Dan terimakasih kepada kakFarhanah Helwah
Aly Arasy Efendi
karna adanya grup ini bisa mengulang dan bisa membantu menambah wawasan untuk org lain apalagi orang yg bnr ingin mempelajari bahasa jepang,.dan sebaik baik nya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat untuk orang lain, domo arigatougozaimashita ,👍👍👍
Namikaze Nurul Iman
Pertama saya berterimakasih kepada para sensei yang telah berbagi ilmu yang sangat amat sangat berguna dan semoga grup ini menjadi semakin maju. Kesan saya selama belajar disini adalah belajarnya asiikk, menyenagkan, materinya mudah dipahami dan juga para senseinya yang ramah dan baik. Terimakasih banyak atas jasanya sensei 😙:)
U-bay Saseno
Terimakasih sensei telah berbagi ilmu , belajar bahasa Jepang jadi menarik,dan mudah di pahami ,klo boleh saran grup ini juga tak hanya di Facebook aj tolong bikin grup di wa, terimakasih sensei
Arby Frafanca
Menjadi lebih baik dalam berbagai bahasa adalah hal yang menyenangkan, tetapi apabila tidak berbagi ilmunya adalah hal yang sangat tidak indah dan perlu diperhitungkan baik". Arigatou gozaimasu sensei.
Sapto Joko Santoso
Terus berbagi ilmu adalah kebaikan, group yang maju dan memajukan semua yang ingin belajar bahasa Jepang, sebenarnya saya ingin ada pembukuan semua artikel dari postingan ini agar kamipun bisa berbagi ilmu dengan yang lain juga Arigatou sensei….
Alia Dina
Keren banget. Salut dengan bagiin ilmunya. Warbiasakkk. Jadi semangat belajar karena terstruktur banget. Doaa panjang dan selalu utk para admin. Sukses dunia-akhirat.
Ferdinand Leo Putra Liauw
Saya sangat merasa terbantu dalam belajar bhs jepang, karena metode pembelajaran yh mudah untuk dipahami, dan sense yang sangat profesional. Kedepan yah grup ini bisa berubah menjadi website atw dikembangkan lewt aplikasi. Karena Berbagi ilmu adalah suatu kerjaan yang mulia apa lagi itu gratis/free, saya merasa sangt beruntung berada di grup ini. Mungkin kedepan yah sense dan pengurus grup bisa lebih bnyk men share materi atw tentang jepang, dan sejarah Kekaisaran mereka. Itu aja mungkin dri sya, mohon maaf bila ada salah kata. ありがとう ございます #Optimis #Konsisten
Tona Martua Simatupang
Cara mengajar sensei sungguh asik, jujur saya kadang agak bosan kalo bunpou, di kuliah juga (karena ga ngerti)…tapi cara nerangin sensei sangat mantap,, suatu saat cara sensei mau saya praktekin buat ngajar nanti . Tapi kadang post grup ini ga muncul di timeline ku
Rizky Riyadi
Grupnya bagus, buat yang mau belajar bahasa Jepang. Terutama pemula, semua di ajarkan dari awal sama serpti masuk sekolah pertama kali. Dan yang paling penting gurunya itu asli orang jepang, dan satu lagi asli orang Indonesia.
Thariq Akmal
ya terima kasih untuk grup ini, admin nya, beserta sensei sensei kita tercinta dengan ada nya grup ini kami semua termasuk saya bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah dan menyenangkan. kepada para sensei arigatou gozaimasu udh ngajarin kita semua semoga panjang umur sehat selalu dan sukses, sekali lagi sankyu semoga bisa jadi seperti koro sensei nurufufufufu salam thariq akmal
ウィタ ムリヤディ プトゥ
Saya sangat berterima kasih telah diberi kesempatan belajar di grup ini.. saya sangat senang.. karena dengan semua materi yang 先生 berikan, saya jadi pede berbahasa Jepang, khususnya pada momen romantic Dinner… Dengan tekun belajar saya yakin kedepannya bisa tinggal di Jepang demi tujuan dan impian saya, dimana ingin berbagi kebaikan kebada semua orang yang ada diseluruh dunia , bahkan menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan sekolah gratis. wkwkjapan .com akan tetap menjadi terbaik. 先生、ありがとうございます。
Ria Rahayu
Saya sangat berterimakasih dan terbantu dengan adanya grup belajar bahasa jepang ini, dengan sabar sensee membimbing kami, mengoreksi setiap latihan kami dan menjawab setiap pertanyaan2 yang kami yang mungkin agak sedikit menjengkelkan dan terkesan bawel. Terimakasih banyak sensee
Sugiarto Dbz
Tidak dapat dijelaskan dengan kata2.. Sangat membantu. Ditmbh materinya gk baku sperti buku (jadi natural karena orng jepang langsung yg mengajar) gk sprti robot haha Harapannya sih ada N3 dan N2 juga klo ada 1000000000 bintang sih bolehlah
Maulana Ainul
Saya cuma dapat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari sensei yang dengan suka rela mau meluangkan waktunya mengajarkan bahasa Jepang, dan saran saya sensei " bagaimana kalau dibuatkan buku" agar ada pedoman juga bisa dipegang dan bisa di review
Muhammad Noval
Saya sebagai anggota dari group ini mengucapkan ribuan terima kasih kepada sensei-sensei yang hebat yang dengan sukarela dan senang hati mengajari saya khususnya dan teman2 semua umunya, saya sangat senang menjadi anggota dari group ini. Karena dalam group ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu tentang NIHONGO desu. Kebetulan Saya juga sangat senang dengan NIHONGO desu dan mimpi saya juga ingin pergi dan bekerja di NIHON, jika Allah SWT mengizinkan saya, Amin… Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT Karena telah menjadi bagian dari group ini, dan terima kasih banyak sekali lagi sensei2 semuanya…. Arigatougozaimasu. Sensei
Carlia Susan
Kesan yang saya dapatkan banyak ilmu yg saya dapat, sangat membantu saya apa lagi sekarang saya lagi ikut magang kerja perawat untuk di berngkatkan ke jepang..saya masi pemula masih harus trus belajar. Selain di tmpat pelatihan sy belajar, di group ini juga saya belajar banyak.. Terima kasih sensei semoga saya bisa lulus N5 dan saya bisa cepat berngkat ke jepang. Amin.. Arigatou gozaimasu sensei
Roxman Imazhy
Grup yg sangat bermanfaat dan berfaedah bwt masyarakat awan yg tidak mengerti belajar bahasa JEPANG. Kami sangat berterimakasih kpd anda moga makin sukses dan maju Aamiin
Edi Setya W
正しい日本語このグループで勉強ができると思います。
Jenny
Senang bangt rsax bsa brgbung d group ini,saya sdg mngkti klz bhsa jpg d kota saya dan bru mnylsaikn mtri hruf katakana,dengn msuk d group ini mkin mnbah wwasn bhsa jpg sya n saat d klz bhza jpg sya tdk cnggung brkmnksi dgn sensei sya krn sya sdh mmpljrix trlbh dhlu lwt mteri2 yg d uplod dgroup ini..trma ksh ya snsei buat wkt,tnga n ilmux…Gbu ^_*

Testimoni 2019

大 好き
Menurut saya pribadi, group wkwkjapan.com adalah group bahasa jepang terbaik yang pernah saya ikuti. Sebagai member sekaligus murid di group favourite ini,,,,saya ucapkan banyak terima kasih. Saya 💯%belajar otodidak disini,merasakan adanya progress dalam diri saya. Meskipun saya tergolong siswa Yang kurang pandai tapi saya tetap semangat mempelajari materi2 Yang diberikan Karena sensei menyampaikan materi dengan detail Dan penuh kesabaran. Suasananya juga menyenangkan (Karena dapat ilmu baru), & menegangkan (Karena adanya saingan dari senpai2😉. Pesan Dari saya: saya Mohon, kalau bisa saat mini tes tolong usahan jumlah soal dan waktunya disamakan dengan JLPT. Karena saya penasaran apa ITU JLPT dan seperti apa suasana nya.🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏 Sekian dari saya, terima kasih banyak.
Risma Rahmawati
Belajar di grup ini sangat membantu sekali untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang. Pertama, jadwal yang sudah terstruktur membuat pembelajar paham apasih yang sebenarnya akan mereka pelajari ke depannya. Kedua, materi-materi yang diberikan sangat jelas dan langsung ke intinya, penyertaan gambar-gambar juga sangat membatu untuk memahami materi. Berikutnya, adanya latihan dan mini tes sangat bagus karena “practice makes perfect". Pengecekan dalam latihan membuat kami agar bisa lebih berhati-hati dan teliti lagi dalam menjawab. Saya kagum karena sensee sabar sekali mengecek satu per satu jawaban member. ✨ Sedikit saran, mungkin untuk ke depannya latihan dan mini tes bisa lebih diperbanyak lagi. Untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa Jepang, grup ini sangat cocok sebagai tempat belajar online. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh sensee dan admin atas kerja keras, kesabaran, ketekunan, dan keikhlasan dalam memberikan pelajaran di grup ini. Seiring berjalannya waktu, semoga grup ini semakin maju dan lebih baik. 🔥🔥🔥🔥
Lovenia Mogadi
saya sangat senang dan sangat bersyukur di pertemukan dengan Grup ini..serta bertemu dengan banyak teman-teman baik saling mensuport dalam belajar bahasa jepang, para sense dan juga senpai sangat baik dan ramah..pelajarannya sangat mudah di pahami belajar jadi sangat menyenangkan karena di tambah dengan ilustrasi gambar yang imut dan setiap pelajaran di sertai banyak contoh soal dan kosakata yang menambah ilmu kita.. serta di setiap akhir pelajaran ada latihan soal dan mini testnya yang akan mengukur pemahaman kita akan pola kalimat yang kita pelajari..bukan hanya pola kalimat yang kita pelajari budaya, kebiasaan orang jepang dan aturan-aturan yang berada di jepang.. trima kasih sense, senpai, teman-teman yang saya cintai.. pokoknya saya bahagia dan senang selama belajar di Grup ini. semoga kedepannya Grup ini semakin berkembang, sensei dan senpai selalu di beri kesehatan apa yang di perbuat dan di kerjakan Tuhan selalu buat sukses dan berhasil… 先生と皆さん、どうもありがとうございました~🙇🙇🙇
Farhanah Helwah
Belajar di sini sangat asyik (rasanya seperti ngemut & ngisep permen nano nano, “manis asam asin ramai rasanya", Wkwk..) 🙂 Banyak ilmu, pelajaran & hikmah yang bisa dipetik, diantaranya : ilmu bahasa Jepang, ilmu dan cara penulisan yang benar (baik penulisan dalam bahasa Jepang maupun penulisan dalam bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pengantar belajar di grup ini), tanpa disadari saya pun bisa belajar menata hati & belajar meredam emosi, bisa menambah wawasan & pengetahuan baru, dll. Terima kasih banyak, Yushi Tanaka senseee beserta para pendukung yang lainnya.. Senseee (dengan begitu tulus) telah mengajari saya dan teman-teman yang lain juga, sehingga pemahaman bahasa Jepang saya semakin bertambah meskipun belum sepintar teman-teman yang lainnya. Ke depannya, selagi masih senggang selagi masih mampu, Insya Allah saya akan terus melanjutkan belajar bahasa Jepang ini. Sehat selalu & bahagia selalu yah, Senseee.. Doomo arigatoo gozaimasu, Yushi Tanaka senseee.. 🙂
Shinta Nurdiana
Eetoo… Harus berkata apa ya… Yang pasti materi yg dijelaskan simple tapi bisa dicerna. Buat yg pernah belajar jadi lebih mengerti lagi setelah ikut grup INI…
Erwin Sudrajat
kesan : penjelasan materi sangat jelas, sensei selalu menjawab pertanyaan yang ditanyakan anggota grup. sensei sangat sabar pendapat: sangat disayangkan tidak ada materi tentang kanji karena banyak pemula yg bingung cara baca kanji dan kanji salah satu kunci agar bisa bahasa jepang, semoga kedepannya ada materi tentang kanji🙂
Veanney Salsabilla Bilbina
Buat saya grup ini anugerah terindah yang Allah SWT hadirkan pada saya,awalnya hanya iseng karena namanya unik wkwkjapan…karena penasaran akhirnya saya coba searching apa isinya dan mulai tertarik ketika sensee mengumumkan akan mengadakan les rutin dari awal..karena saya beginner bgt yg cuma suka sesuatu yang agak-agak kejepang-jepangan gtu tapi belum tau artinya apa akhirnya tertarik ikut les rutin,walaupun waktu itu belum bisa fokus banget,setelah ikutan baru saya mulai faham dan sangat beruntung karena selain materi juga ada variasi lain seperti kuis,informasi seputar kebudayaan,lomba menulis dan membaca huruf kana,jadi pengetahuan saya semakin bertambah,plus sistem ajar para guru dan senpainya yg unik..materinya klu menurut saya super lengkap,sistematis dan mudah di fahami,saya merasa seperti les sungguhan yang berada di ruang kelas,di sini tidak mengenal senior-junior,klu ada member yang berbicara bahasa jepang harus di sertakan artinya jadi yang belum faham juga tau artinya,harapan saya semoga grup ini tetap ada sampai kedepannya,mungkin bisa mengadakan semacam gathering..(semoga..),terimakasih kepada para sensee…Yushi Tanaka sensee yg selalu membela para jomblo (becanda ya sensee..)dansabar dengan kemampuan kami,Kinanthi sensee yang selalu siap mengoreksi hasil kerja kami dan memberikan informasi ter update tentang apapun,para senpai yang memberikan motivasi belajarnya kepada member,dan Inbox-san yang memberikan nuansa baru untuk grup ini…semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan atas semua ilmu,waktu dan tenaga yang sudah di berikan kepada kami..kepada teman-teman semua semoga kita di berikan semangat dan kemudahan dalam mengikuti setiap pertemuan dalam grup ini dan sukses selalu untuk semuanya…amiiin YRA..💞
Sheila Cihuy
Kesan: Puas, senang, dan bersyukur, karena dapat belajar materi dengan bahasa yang mudah dipahami, banyak contoh dan latihan soal yang bisa membangkitkan hafal pola kalimat secara tidak langsung. Lalu dengan materi yang disajikan dengan gambar juga sangat indah dan lebih bervariasi. Sensei, para senior, dan teman lainnya juga baik dan ramah. Keseruan mini tes yang membangkitkan ketegangan, aku sangat suka! Pesan: Banyakin lagi latihan soal, Sensei. Saya suka mengerjakannya walaupun selalu tegang! 😂😂 ありがとう、先生。🙏🙏😁😁
Nofia Laeni
5 tahun yang lalu saya mendapatkan bullying hingga saya takut dan bahkan trauma pada bahasa jepang.. tapi akhir tahun 2018 saya memutuskan untuk menghilangkan trauma itu, dengan berbagai cara termasuk masuk kegrup ini.. Pertama kali mengikuti grup saya ragu, takut, gelisah dan khawatir yang tidak jelas. Tapi saya meyakinkan diri bahwa tidak perlu takut dan ternyata malah menyenangkan.. Materi2 yang diposting dan penjelasannya mudah untuk dipahami, candaan2 yang terselip disetiap penjelasan dan contoh soal berhasil membuat saya tertawa, ketegasan dan ketelitian Yushi Tanaka sensee dan Kinanthi Ayu Larasati sensee dalam pengecekan jawaban baik itu dalam bahasa Jepang maupun bahasa Indonesia sangat hebat, keramahan dan kebaikan senpai2 dan member2 digrup yang saling mensuport dalam belajar sangat menyenangkan.. Disini saya berhasil menghilangkan trauma saya, mendapatkan teman2 baru yang baik, menyenangkan, asik dan seru sekali.. Terimakasih untuk Ela Mentari senpai, Farhanah Helwah senpai, Andri Chowijaya senpai, abang Hasan Udin , Lovenia Mogadi, Rudy Adhitya, Adam Prasetyo Harsono, Deni Hardi, dan semuanya yang ada digrup (yang gak bisa aku sebut semuanya wkwk).. Khususnya Tanaka sensee dan Kinanthi sensee terima kasih banyak atas segala pembelajarannya, waktunya, dan semuanya.. Maaf kadang saya suka bercanda dan kadang membuat sensee jengkel, tapi itulah caraku belajar wkwk ✌mohon maaf..🙏😅Dan mohon bantuannya untuk dalam pembelajaran selanjutnya..😁
Mägîc
Hallo sensee,senpai&member yang lain.. Ini sebuah kesan&pesan yang saya alami selama belajar di grup ini: Kesan:pastinya senang,karena saat cara penyampaian materi nya mudah diterima dan didukung dengan gambar animasi(kartun2D) yg lucu agar si pembelajar mudah memahami materi yang akan disampaikan.dan para pembimbingnya juga ramah mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para member yang lain..yang aku suka itu saat moment kocak antara senior ke junior saat berbalas komentar… Pesan:mungkin hanya sedikit..saya rasa hanya kurang pengulangan materi saja.. Ok jadi,kan malam materi di berikan&latihan..tapi kan agak lupa lagi jadi mungkin di hari berikutnya/esok hari dikasih latihan soal lagi..agar tidak lupa materi yang diberikan.. Kalo ada pembahasan soal kanji pasti lebih seru sih…seperti cara bacanya,artinya… Mungkin itu saja yang saya berikan maaf bila ada kesalahan ketik atau kata" yang menyinggung… ありがとうございます、 お疲れさまでした。☺😊
Yorensy Joviana S'aiNt
Grup belajar ini sangat luar biasa dekikasinya untuk kami orang indonesia,bersedia mengajari kami dari dasar hingga ke level N5 sampai tuntas dan detail! Terima kasih untuk semua admin yg bekerja keras mengurus dan memberi materi kepada kami,saya berharap grup ini kedepannya bisa tetap ada dan terus maju. Terima kasih banyak atas kerjakeras nya!! 😉🙇‍♀️🙆‍♀️
Sekar Sakura
Terima kasih sensei… Saya rasa pembelajaran bahasa jepang di grup ini sangat membantu sekali dan penjelasannya mudah dipahami walaupun sy sering ngga hadir tp kadang sy sempatkan membaca postingannya. Smoga bermanfaat buat semua anggota grup ini.
Thalia Reynata
Kesan : saya sangat suka belajar dari group ini karena saya bisa belajar tentang bahasa jepang dan materi yang ada dari group ini juga mudah di pahami dan di mengerti,, sensei nya juga menjelaskan dengan baik Pesan : semoga di pembelajaran berikutnya nya di adakan selingan huruf kanji untuk pemula jadi selain mengerti tentang kosakata dan penempatan kalimat kami juga bisa belajar sedikit sedikit mengenai huruf kanji.
Rully Aditya Wardhana
こんばんは 先生、 Kesan : Luar biasa sekali sensei, sangat terbantu dalam mempelajari kata, frasa, pola kalimat, tata bahasa, simbol kanji, contoh percakapan yang tidak ada dibuku. Pesan : Perbanyak lagi soal latihannya sensei hhe 😁 Sehat selalu sensei 🙏
Yohanes Kristianus
kesan:penjelasan yang mudah mudah dicerna berkat sensei saya yang belum tahu harus belajar dari mana dulu jadi tahu hingga jadi terus semangat meraih mimpi saya, pokok nya terima kasih buat Yushi Tanaka sensei buat semua nya dan kalau memang di beri kesempatan bisa datang ke jepang, yang ingin pertama saya temui adalah sensei 😁👍
じぇさや じぇさや
Saya sangat terkagum sejak masuk grup ini dan saya agak mulau bisa dikit bahasa jepang semoga mogahan sensei tetap sehat dan tolong sensei soal nya di perbanyak lagi biar seru dalam belajar bahasa jepang nya
Yona
Penjelasan materi yg detail dan,dan,dan … Kapan sebaiknya digunakan dalam budaya orang Jepang sendiri😍 Setelah beberapa sub bab dipelajari juga selalu ada mini tes😆
Galih Prakoso
Kesan : Saya sangat senang ikut dalam pelajaran bahasa jepang di grup ini. Penjelasan materinya jelas dan mudah dipahami, Sensei selalu mengoreksi jawaban yang salah saat latihan. Pendapat : Setelah saya mengikuti materi N5 di grup ini, saya jadi tau kalau belajar bahasa jepang itu tidak sulit dan tergantung niatnya. Untuk testimoni saya merekomendasikan materi untuk menghafal huruf kanji ( seperti menghafal Kata sifat dan Kata kerja ), ada tes hafalan kosakata dan kanji setiap sebelum/sesudah diberikan materi agar tidak lupa.
Yanti
Terimakasih banyak atas ilmu, waktu dan kesabarannya Sensee, semoga group ini ada terus yah Sensee, semakin berkembang, jangan kapok2 ajarin kita.. 😘🙏😘
Faizal Bisri Syamsuri
Sangat terbantu sekali untuk belajar bahasa jepang karena soal yang diberikan sesuai dengan materi yang disampaikan / diterangkan, dan juga bisa belajar bahasa jepang secara online dan pastinya bebas biaya hehe. Dan terima kasih buat sensei yang masih setia mengajar untuk kami, sehat selalu sensei
Valentino Masengi
Yushi Tanaka sensee, TERIMA KASIH BANYAK. 🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️ Terima kasih banyak dengan pengabdianmu kepada kami semua anggota grup ini yang tidak pernah lelah selalu menyempatkan waktu bagi kami, walaupun kami selalu merepotkan mu dan sedikit suka nakal. Semua engkau berikan secara cuma-cuma/gratis/free. Teruntuk semua sensee terima kasih. 🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️ Semoga di pelajaran berikut/materi berikut yang akan di berikan ada materi baru/materi tingkatan selanjutnya. Dan berharap kepada Yushi Tanaka sensee untuk tidak pernah bosan menghadapi sikap/sifat kami masing-masing. Semoga Yushi Tanaka sensee dan sensee yang lain selalu di berikan kesehatan dan kekuatan serta kesuksesan yang melimpah. Sekali lagi saya ucapkan BANYAK TERIMA KASIH/どうもありがとうございます。 🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️ GOD Bless You. このグルップはおすすめです。 👍👍
中村 リズキ
Kesan menyenangkan, gampang di pahami. Pesan semoga ada pembelajaran N2 atau N3 aja… Saran di perbanyak medsos.. seperti ig atau yg lainnya.. kalau bisa adain grup WhatsApp…
Sae Xin
hello sensei,jadi gini aja kasih materi cara berbicara anak gaul di jepang,soalnya aku punya teman orng jepang tapi tidak tahu bahasa anak itu, mohon bantuannya sensei 😄
Fadilah Umar
untuk kesannya sangat bermanfaat dan mudah di fahami, kebetulan saya july ikut n5 jdi walaupun saya jarang komen saya suka melihat dan belajar dr sini walaupun suka gak di buka karna lelah setelah kerja.. terimakasih sensei, sarannya ajari kami lebih tentang memahami karakteristik umum masyarakat jepang, yg jomblo misalny mau nyari cewe jepang, langkah2ny atau gmn, supaya gak tegang2 amat ehehe dan informasi tentang tinggal/kuliah/kerja di jepang.. tata cara membeli sesuatu atau mengundang teman, boleh juga cara nembak cewe jepang #ketauan_deh_saya_jomblony_eheheh
David Ananda Siburian
Kesan pesanku sudah kutulis dan kukirim by email ya Sensei.. Kore kara mo Yoroshiku onegaishimasu..
Orcan
Karena saya tidak terbiasa memberikan pendapat, jadi bingung mau nulis apa ehehe Yah pertama saya ucapkan terima kasih banyak kepada Yushi Tanaka sensee berkat materi dan bimbingannya, saya yg blm pernah belajar bahasa jepang sama sekali jadi bisa mengerti dan dan tidak membabi buta belajar dr sumber acak yg malah bikin bingung. Hmm kedua untuk saran, mungkin bisa ditambah materi dialog atau percakapan sehari-hari, jadi kita para noob alias pemula ^-^ bisa lebih terbiasa dalam menerapkan hasil belajarnya. Eh kok panjang yah, 先生ありがとうございました
Imada Otagam
pembelajaran sangat baik dan mudah dimengerti bang . aku beli buku buat belajar n5 aja pusing tp saat melihat rangkuman disni sebentar eh langsung paham dan aku cocokan dibuku sama . semangat terus abang . semiga rezkynya berlipat ganda dan sehat selallu
Rudy Adhitya
kesan : selama kurang lebih satu tahun belajar di grup ini, akhirnya saya memutuskan untuk ikut jlpt N4. padahal sebelum masuk grup ini saya tidak tahu apapun tentang bahasa jepang. dan saya hanya belajar di grup ini. materi di grup ini mudah dipahami, dan semua member nya baik. pesan : semoga di grup ini akan mengajarkan materi bunpou n3 juga. dan semoga di grup ini mengadakan soal dokkai dan choukai. dan semoga grup ini selalu ada selamanya.
Mustofa
Kesan saya, sangat sangat membantu untuk pemula seperti saya.. mencari di google dengan keyword “cara belajar bahasa jepang" akhir menemukan situs wkwkjapan.com banyak sekali disana materi mulai dari penjelasan awal hingga tingkat menengah, karna untuk tingkat menengah sudah paham tentang tutur kata maupun artinya hanya saja tinggal diperdalam saja.. dan ada grup kita dapat berdiskusi bertanya apa yang belum di ketahui
Supri Yadi Winata
Grup ini terbaik… walau saya jarang ikut materi tapi saya kejar dengan membuka webnya… Hanya sekedar saran… mohon dibuatkan grup whatsappnya dan diadakan pertemuan secara langsung… saya sendiri masih mencari member daerah jakarta agar bisa mengikuti setiap materi secara bersama… Dan untuk materi N4 saya usahakan untuk mengikuti materinya Thanks for sensee… dan segenap pengurus grup dan calon anggota LSM..😬👍
Yunika Andromeda
Sungguh grub yg hebat ya meski aku akui lambat dengan hal yg rumit, tapi berkat grub ini aku bisa mengenal banyak kosa kata yg lainnya. Arigato guzaimasu Master 😄😄😄
Ahmad Abilla
Materi yang diberikan sangat sistematis yang memudahkan saya belajar bahasa jepang. Pemberiat materinya pun menarik,menyenangkan,dan kita dapat bertanya mengenai materi di komentar wkwkwk oh iya.jika saya ketinggalan materi saya dapat melihat materi tersebut di file grup yang tersusun urut sesuai jadwal.(sebenarnya saya sering ketinggalan materi)wkwkwk ganbatte kudasai
Ismi Dewi
mungkin pertama kalimat yang ingin saya ucapkan adalah subhanallah, masih ada orang yang mau berbagi ilmu dengan murah hati. Orang grupnya ramah-ramah dan saya sangat menyukai belajar di grup ini. Saya memang tidak bisa membalas apapun akan semua yang sensei berikan, hanya tuhan yang mampu membalas semua kebaikan sensei…😄 Doumou arigatou gozaimasu 😃🙏👍
碧 幸雄
Ini Salah Satu Grup terbaik Yang pernah Saya Temui, walau saya jarang mengikuti les karna masalah waktu. Karna ketertarikan sama bahasa jepang ketemu lah grup ini dan belajar otodidak + di bantu sama wkwkjapan.com juga 😅 Walaupun belajar via grup/web materi yang dibawakan sangat bagus 😍😍 kalo bisa si tambahin dengan materi Kanji dasar N5-N4 donk 先生 hehe ありがとうございます
Fawwaz Fawwaz
Adminnya – ramah Penjelasannya – lengkap Gratis – tapi kualitas MBAYAR Pokoke Muaantaab pool!!
Muhamad Ari Saputra
Ano.. Masukan dri saya smoga kedpanny latihan/soal² testnya mudah dipahami dan dicerna oleh murid, dan jga jika bsa jngn selalu pke pict untuk stiap soal karna kami kaum Mode free gk bsa liat apa yg di post😅😂 itu aja sih masukan dari saya..ya kurang lbhnya mohon maaf🙏 -Oyasumimasen
Oin Obchy Lamunde
Menurut saya grupnya biasa" sja Saya tdk perna di ajarkan oleH grup tapi orang"nya yg luar biasa Admin,moderator,anggota semua Benar" orang" yg berpengalaman penjelasan,pertanyaan,dan jawaban, semuanya luar biasa. Menurut saya grup ini hanya perantara sja Yg sya nilai orang"nya yg genius bukan grup.nya
Chandra S P
menurut saya grup ini sangat membantu sekali untuk pemula yang ingin belajar bahasa jepang, saya selaku anggota disini tidak berhak menuntut apapun terhadap admin yang sudah membagikan ilmunya secara gratis, karena kalau les di luar pun harganya cukup mahal. Semangat terus buat admin untuk terus membagikan ilmunya. Sekian dari saya Terima Kasih….
P Nosuke
Aku gak pandai berkata-kata sih😅. Tapi grup ini memang bagus soalnya sensei disini baik-baik. Materinya juga diberi dengan cara yang enak dan mudah dimengerti. SAIKOU DESU
Irul Isnan
Sangat bagus, sangat membantu, materi sangat lengkap. karena saya belum lama bergabung di tambah jam kerja saya yang tidak menentu, menjadikan saya seorang pelajar yang pasif. Selama ini hanya memantau grup tanpa memberikan feedback atau komen bahkan tidak ikut mini tes. Semua materi di berikan penjelasan yang lengkap, walau ada sedikit penjelasan yang harus saya baca berkali-kali karena penggunaan kosakata dan tata bahasa indonesia yang tidak/belum saya kenali. Semoga masa yang akan datang lebih baik lagi dan lagi dengan inovasi-inovasi yang lebih luar biasa dalam membantu kami para pelajar untuk memahami bahasa serta budaya jepang. Sekian, Terima Kasih 😎😎😎
Srihadi Susilo
Luar biasa ciamikkk….bagus sekali! Jangan kapok mengajari kami ya sensei…
Sarah Putri Aprilia
Pembelajaran sangat mudah dipahami bahkan ketika saya salah menuliskan kata dalam bahas jepang. para sensei dan juga teman2 yang sedang belajar juga membantu untuk memperbaiki Pesan: Mungkin dapat dibuat sebuah grup khusus untuk yang mempelajari N5, dst agar materi tidak tercampur. Awal bergabung saya bingung untuk memulai darimana tetapi ketika mengikuti say mulai paham karena jadwal pembelajaran
Deni Hardi
Kepada tanaka sensee dan sensee lainnya beserta jajarannya, saya sangat berterima kasih. Bekat grup ini saya jadi paham tentang Bahasa Jepang, grup ini buat saya lebih dari membantu. Kali ke dua saya belajar disini tetap nyaman, tiada hari jadinya tanpa belajar. demi meningkatkan kemampuan saya gak pernah bosan belajar di grup ini menyenangkan. Materi lengkap, cukup mudah dipahami (kalo baca penjelasan sedikit bingung, makanya kadang langsung ke pola kalimat aja hihihi.) guru-gurunya tegas, simpati, apalagi ya? wkwk… ya itulah pokoknya da best semua yg ada di grup ini. pokoknya(again) 私はかんしゃします。(^^)v Semoga sensee tidak bosan mengajari kami, dan cepet gak jomblo lagi. wkwk
Ega Arisandi
kesan nya, sangat sangat membantu utk belajar banyak hal tentang Jepang (terutama bahasa), begitu pun dengan budaya Indonesia, sangat menyenangkan, grup nya juga aktif dan terjadwal, belajar jadi seru karena sensee dan member kebanyakan orang nya humoris 😁, santai tapi tidak main main, materi pembelajaran sangat lengkap dan cukup mudah dipahami (walau saya msh bnyak lupa, wkwk) terima kasih banyak utk sensee, kami tidak bisa membalas nya, tapi kami ingin tetap bisa selalu bersama grup ini, hontoo ni arigatoo gozaimashita 🙇
Namikaze Nurul Iman
Menurut saya grup ini sangat bagus banget. materi yang diberikannya pun sangat berkualitas dan senseinya sangat ramah lohh. 😍 kesan saya selama belajar digrup ini yaitu materi yang sensei berikan sangat enak, lengkap dan mudah dimengerti, pembelajarannya juga mengasikan. senseinya juga sangat ramah dan baik. 😍 lalu maafkan saya ya sensei selama ini saya sering bolos les. 🙏🙏
Adam Prasetyo Harsono
Berdasarkan pengalaman saya, grup ini sangat direkomendasikan untuk para pemula. Karena penjelasannya yang mudah dimengerti dan hampir setiap hari ada latihan dan setiap minggu ada mini tes. Pembelajaranya juga seru dan gak membosankan. Pokoknya mantap deh. Saran : Untuk materinya udah bagus. Kalau bisa tambah materi N3, kanji, chokkai dan dokkai juga, Sensei.Yang, terakhir Maju Terus WkWkjapan.
Dicky Pratama
saya tidak pandai berkata-kata, grup yang sangat bagus untuk pemula yng pertama belajar bahasa jepang seperti saya, materinya lengkap dan pembahasanya mudah dipahami, saya orang yang tidak bisa belajar tampa guru, tampa grup ini saya tidak akan pernah tau apa itu bahasa jepang. arigatou gozaimasu
Aida Safitri
Pertama saya melihat grup ini, saya heran dengan nama grup “Belajar Bahasa Jepang Bersama Guru Orang Jepang".. Kenapa harus pakai “Bersama Guru Orang Jepang"? Apakah sekedar gimik? Dari nama grup tersebut saya mengira ini grup alay ✌😂😂😂 Awalnya cuma ngintip2, terus coba ikut latihan dan mini tes, juga saling balas komentar dengan sensee dan member jomblo seperjuangan 😂 dan akhirnya saya terlanjur nyaman 😘😘😘😂 Jujur saja lebih dari 5 grup belajar bahasa jepang di fb saya intip dan menurut saya, grup ini paling keren 💕💕💕 karena grup yg paling rapih, jelas, lengkap dengan penyampaian yg menarik. Terimakasih banyak sensee atas ilmu, waktu dan kesabarannya.. 💕
Ivin Sahroni
こんばんは Selamat malam. Saya entah tahun berapa masuk grup ini yang saya ingat saat itu saya sedang belajar di salah satu LPK ( nggak mau nyebutin nama LPK 🤣 ) yah waktu itu saya hanya suka ngikutin latihan ujian JLPT N4nya, dan nggak pernah perfect sama sekali 🤭 Dan karena saya ingin nama saya di tulis di grup saya mulai mengikuti materi di grup walaupun jarang aktif komen, sebetulnya saya sama seperti halnya orang yang baru pertama belajar bahasa jepang, saya lebih mementingkan bertanya dahulu dari pada berusaha mencari sendiri terlebih dahulu. Bertanya ke buk Kinanthi Ayu Larasati dan langsung ke pak Yushi Tanaka padahal sangat mudah sekali kalau mencari sendiri dulu di google sensei. Seiring waktu berjalan saya mulai belajar memahami pola pikir para senior, bagaimana cara belajar dan bagaimana cara bertanya yang baik. Setelah berangkat ke jepang saya tambah sadar kalau bahasa jepang saya masih sangat kurang, karena tahun pertama saya di jepang kurang beruntung saya tambah malas belajar bahasa jepang, lalu setelah memasuki tahun ke dua mulai ada motivasi belajar lagi setelah mendapat tawaran kerja di jepang langsung dari orang jepang kalau lulus N2, saya mulai mengikuti lagi pembelajaran di grup, mengikui kuiz2nya, dan saya beli buku N3 bulan 7nya dengan kurang percaya diri ikut JLPT N3 dan Alhamdulillah lulus ( mungkin karena beruntung 😁), pembelajaran N4 di grup ini sangat membantu sekali untuk melanjutkan ke N3. Ini kayaknya lebih ke curhat deh di bandingkan testimoni 🤣🤭. Sekian dan terima uang.
Andri Chowijaya
Sedikit cerita mengenai awal saya masuk grup ini. Saya masuk grup ini dari Maret 2017 dan merupakan angkatan pertama ikut belajar di grup ini bersama Yushi Tanaka sensei. Dulu benar benar buta banget sama yang namanya pelajaran partikel. Baca materi yang hanya sekilas dan ikut latihan di sini. dan ternyata hasil latihanku salah semua. Terus saya iseng2 menanggapi pakai bahasa Jepang yang amburadul ke beliau, dicuekin. Karena itu saya putuskan belajar dari nol lagi, dari aisatsu sampai terakhir yang saya kejar hanya dalam waktu 3 bulan. Ikut les rutin sampai selesai, saat itu diumumkanlah juara juara wkwkjapan. saya juga gak menyangka bisa dapat juara 3 wkwkjapan. Bagi saya penghargaan itu mampu memotivasi kita untuk lebih baik lagi. Meskipun saya sudah tidak ikut latihan, izinkan saya berikan pendapat dari sisi pengamat secara keseluruhan. Boleh ? 🙂 Mengenai grup ini, dari tahun ke tahun suasananya benar benar berubah yang awalnya kontennya isi pembelajaran N4-N5, kini sudah ditambah kuis-kuis N3 yang menurut saya lumayan bagus untuk membantu saya mengulang pelajaran. Meskipun sebagai selingan, saya bersyukur juga dengan adanya kuis N3. Sejak kedatangkan Inbox-san Wkwkjapan yang jadi korban perundungan kita semua 😁, suasanya gak monoton lagi, malah di situ juga kita saling mengakrabkan diri antar anggota grup. maafkan kami Inbox-san Wkwkjapan dan terima kasih sudah mewarnai kegiatan grup dan mengakrabkan kita semua. Masukkan untuk grup ini, untuk kedepannya khususnya semester berikutnya semoga makin banyak lomba-lomba yang berkaitan dengan bahasa Jepang supaya kondisi grup tidak monoton. Lomba seperti membuat artikel itu benar benar bagus sekali. Artikelnya sungguh menginspirasi. Untuk sistem pembelajarannya antara guru dan siswa tetap dipertahankan. (y) Mengenai konten konten soal mini tes semoga ada penambahan soal soal baru yang secara tidak langsung, itu membantu menambah pembendaharan kosakata.
Jacobus Untailawan
Grup belajar bahasa Jepang ini sangat bagus dan banyak membantu saya dalam memahami dan mempelajari bahasa Jepang dengan lebih baik. Senseinya hebat dan baik. どうもありがとう先生👍
Ina Anisa
Group ini salah satu solusi bagi kami utk tetap bisa belajar bahasa jepang tanpa harus terikat waktu dan kehadiran, bisa di simak n dipelajari kapan saja serta dimana saja. sangat praktis sekali. Sangat cocok bagi sy yg malas memegang/membuka buku dan lebih senang memegang gadget 😅🤣 大変お世話になっております。ありがとうございます。🙏🤩
Setyo Nugroho
Grup ini bukan sangat membantu bagi yg ga sanggup ikut bimbel bahasa jepang, tapi amat ,sangat ,banget, hontou , yabai, sugoi membantu. Dengan visual yg kreatif menggunakan action figur yg lucu untuk membuat sebuah contoh yg bisa membantu berkhayal seolah-olah kita sedang berinteraksi. Digrup ini pun ga memandang baru pertama kali ataupun sudah mahir nihongo. N.B Semoga nanti bisa gathering anggota grup kecil"an, walaupun hanya kumpul di monas misalnya. Hontou nih arigatou gozaimasu Tanaka sensei to senpaitachi. 管理する
Hasan Udin
Sebelumnya saya hanya bisa melihat “jembatan" indah itu dengan perasaan akan penuh angan dan harapan. Tanpa pernah bisa mendamba seperti apa rasanya “berjalan menapakkan kaki" disana. Yaaa… jembatan itu bernama BAHASA JEPANG !!! Maklum lah, dunia digital ini makin terasa terang ny….. Sampai2 IMPIAN yg ada dibelahan dunia pun rasanya ingin sekali bisa diwujudkan. Oleh karena itu, grup WKWK.JAPAN (warungkarirwarungkejombloan) ini ialah bagai SURYA KEHIDUPAN. Terlebih disini ada sosok SENSEE yang asyik dan nyleneh plus #Baperan (menurut saya 😅) ini mah🙏🤣 Dengan ketekunan dan kasih sayang beliau para murid disini sedikit banyak bisa menggapai cita-cita (termasuk saya sendiri 🤣). Semoga kedepannya grup dibawah naungan Tanaka Sensee ini, sukses selalu….. Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari grup ini 😭😭😭 Tanaka Sensee 🙏 本当にありがとうございました。 Semoga cita-cita diawal masuk grup bisa terwujud : Point 4 dan 5
Furkan Masdin
walaupun saya baru bergabung di grup ini,setidak nya sdh ada sedikit bisa saya tau..dan grup ini sangat membantu saya untuk belajar bahasa jepang..mohon bantuan dan dukungannya para sensei..ARIGATOU GOZAIMASU.