Jepang, Negara yang Sangat Menarik, Indah, Unik, dan Wajib Dikunjungi (karya lomba menulis 2022)

lomba_2022Lomba Menulis

Jepang adalah negara yang sangat menarik , indah, unik, wajib dikunjungi haha…
kalau berkunjung ke Jepang harus punya rencana perjalanan, karena waktu kita singkat dan banyak tempat menarik yang ingin dikunjungi.

1. Bunga - bunga di Jepang

Jepang disebut juga negeri Sakura, memang luar biasa bunga Sakura , sebelum berbunga pohon Sakura ini hanya berupa batang yang bercabang, seperti tidak ada kehidupan, tanpa daun sehelaipun, tetapi setelah berbunga semua , kita tidak akan bosan memandang nya, berderet di tepi sungai, di mana-mana sepanjang jalan bisa kita temui pohon sakura atau di taman kita bisa bawa tiker dan bento untuk mengagumi bunga Sakura sambil bersantap( Ohanami), tapi jangan lupa bawa kantong plastik untuk tempat sampah ya.

Oya.. pada waktu rontok kelopak bunga sakura juga sangat indah, seperti hujan bunga terbang ditiup angin, setelah jatuh kebawah bagaikan permaidani merah muda yang tebal menutupi lantai.

Selain bunga Sakura, terdapat juga bunga- bunga lain yang tak kalah indahnya. Seperti bunga Plum, Lavender , juga bunga Naga Fuji 長藤 (藤の花
/ wisteria Flower) bunga ini berwarna ungu, menjuntai panjang- panjang, seperti dekorasi lampu hias di pesta - pesta.

2. Lalu lintas

Di Jepang lalu lintasnya biasa lancar, tapi kadang ada macetnya juga, apa lagi sewaktu ada matsuri, banyak jalan yang di tutup, dialihkan ke jalan alternatif, tapi heran nya di jalan raya itu tenang, meskipun macet juga tidak terdengar suara klakson mobil (horn/ホーン) .

Kalau lampu lalu lintasnya merah ganti hijau, mereka juga sabar menunggu mobil yang depan jalan ,tidak perlu saling meng - klakson.

Kecepatan laju mobil( speedometer) ada batasnya, tergantung jalannya, kalau melebihi kecepatan yang sudah di tentukan, akan di tilang polisi dan didenda, lumayan juga jumlahnya, nyesek hik hik...

Orang Jepang mau pun orang asing di jalan raya sangat berhati-hati, karena kalau ada kesalahan , misal melanggar aturan lalu lintas atau kecepetan laju mobil lewat dari ketentuan, selain di denda juga poinnya berkurang, kalau sering melanggar, point habis sim di banned, harus ujian lagi SIM nya, pada hal lulusnya susah banget, dan tiap ngulang bayar lagi, ada yang sampai 10 x gagal terus.

3. Musim

Di Jepang masing - masing musim punya ke indahan nya tersendiri. Musim Semi banyak bunga cantik.

Musim panas banyak matsuri/ festival , festival kuil dan banyak pertunjukan kembang api, malahan pertunjukan kembang api tidak hanya di musim panas saja diadakannya.

Saya pernah berkunjung ke Yokohama Bay pas malam tahun baru( musim dingin), ada festival kembang api(hanabi), yang di nyalakan dari atas kapal di pantai, indah sekali, apa lagi penutupannya , nyala semua berderet-deret, pengunjung pada bertepuk tangan.

Di musim gugur ada daun Momiji yang warna warni, apa lagi kalau di pinggir sungai/danau, pantulan nya bagus banget seperti cermin.

Di musim dingin banyak salju, bisa main ski di Fuji yeti ( bisa liat gunung fuji dari sini), Hakuba, juga bisa berkunjung ke Shirakawa-Go, banyak gubuk- gubuk yang tertutup salju semua, bagai lukisan yang terdapat di buku dongeng anak anak, juga seperti di kartu natal pemandangannya, kalau kesana harus pakai sepatu dan sarung tangan anti air, karena sekali tangan kaki kita basah, akan kedinginan badannya, kalau musim dingin Fuji yama nya tambah bagus , puncaknya tertutup salju , seperti memakai topi.

Kalau musim hujan atau berawan jangan berkunjung ke Gunung Fuji, karena gunungnya akan hilang tertutup awan, kalau cuaca cerah gunungnya terlihat jelas di depan kita, bila kita naik mobil/ kereta dari Shizuoka ke arah Tokyo, Fuji Yama akan tampak jelas dan megah didepan kita, seperti melayang di awan, fenomena alam yang sangat menakjubkan.

4. Unik

Uniknya orang Jepang , mereka suka cari kerang kecil-kecil( asari) di laut, kalau sudah dapat banyak di bagikan ke tetangga- tetangga, mereka juga suka bercocok tanam di ladang, meskipun sudah kakek nenek, hasil ladangnya di jual di depan rumah, sudah di bungkusin diberi harga taruh di meja , sampingnya ada kotak berlubang atasnya dan terkunci( seperti celengan/ tabungan), kalau kita ingin beli ambil saja sayurnya dan masukkan uang pas di kotak tersebut, karena tidak ada yg jaga.

Disana kuenya imut-imut, saya suka cetakan kuenya, bisa kalap haha...

Di Jepang banyak orang asing dari berbagai negara yang tinggal disana, kebanyakan dari mereka bisa bahasa Jepang, ada yang bisnis, ada yang kerja , ada yang magang , yang magang juga datang dari berbagai negara, mereka harus bisa bahasa Jepang, karena nanti se iringnya waktu kerja , akan ada test kemampuan bahasa Jepang lagi.

5. Tako-Kichi Matsuri

Tako-Kichi Matsuri adalah festival layang-layang raksasa pada musim panas , ditepi pantai.

Jadi seperti layang-layang di adu gitu, tapi ini layang- layang raksasa, ini bukan pakai benang, tapi pakai tali gede yang biasa buat tarik tambang , bayangkan pasti berat sekali, dan di terbangkannya beramai- ramai, membutuhkan waktu juga.

Setelah semua melayang diatas, pemandangannya bagus sekali dengan berbagai macam gambar dan bentuk yang unik-unik, serta di iringin dengan suara genderang, orang orang pada pake baju traditional Jepang, wah sangat cocok dengan suara genderang, jadi serasa hidup di zaman Jepang dulu, pada bawa lentera juga, di tiap matsuri selalu banyak orang jualan makanan di kios kios , ada sate ayam( yakitori) ayamnya besar-besar motongnya haha.. puas makan satu tusuk saja, okonomiyaki, apel di celup gula( ringo ame,りんごあめ), juga ada bakmi goreng (yakisoba), takoyaki, Cumi bakar, pokoknya enak-enak deh, eh mainan juga ada, seperti topeng, balon dan lain-lain nya, saya pernah menyaksikan waktu itu di pantai Nakatajima .
Ada helikopter yang memantau, misal ada yang terluka bisa langsung diangkut.

6. Sekolahan

Ini Sekolah Dasar ( 小学校 ) yang saya ceritakan, karena yang SMP saya tidak tahu.

Murid-murid di Jepang sangat disiplin dan patuh pada guru, ikutin aturan sekolahan.

Mereka tidak boleh sekolah jauh dari tempat tinggalnya, jadi tidak perlu naik bis atau kereta, masih kecil juga, tapi tetap di latih cara naik bis, serombongan anak diajak naik bis, diajarin bagai mana cara ambil tiket dan bayar waktu turun.

Tiap hari ke sekolah tidak boleh lewat jalan raya, padahal tinggal lurus saja ngikutin jalan raya( kira-kira 350 km), nyebrang jalan raya sudah sampai, tapi mereka ikutin aturan harus lewat jalan kecil ( lebih jauh) dan nyebrang pakai jembatan penyebrangan, dengan membawa tas punggung yang berat dan memakai helem, di jalan mereka bisa bertemu teman-teman dan jalan bersama sama, kalau mau hujan mereka tahu, bawa payung semua, jadi kalau kita di jalan melihat orang-orang bawa payung, ikutan saja karena pasti akan hujan.

Sampai dekat sekolahan masih menyebrang juga, meskipun jalan kecil tapi cukup rame kendaraan dan disitu sudah ada yang bertugas membantu anak anak nyebrang jalan di depan sekolahan itu, dengan membawa bendera kecil,mobil-mobil akan berhenti, membiarkan rombongan anak anak SD ( Shōgakkō) itu lewat , dan petugas itu adalah orang tua murid (PTA)yang bergantian tugasnya.

Murid-murid makan siang disekolah, makanan dari sekolahan, di bacakan kandungannya, seperti berapa kalori dan proteinnya , hanya seminggu sekali bawa bento nasi, lauk dari sekolah, anak-anak bergantian bertugas melayani temen - temen makan siang, disana tidak ada Pak bon ( tukang kebun) semua murid-murid yang bekerja, membersihkan kelas, membersihkan WC.
Dari kecil sudah di latih tampil di depan orang banyak (Hapyokai) jadi mereka tidak malu-malu , sangat percaya diri, menunjukan kemampuan atau bakat masing-masing.

Setahun sekali ada lomba olahraga perkelas (Undokai), semua wajib ikut.

Kadang orang tua murid di undang untuk menyaksikan anak anak belajar di kelas.

Anak SD selalu naik kelas, tidak ada yang tinggal kelas.

Tiap Senin pagi murid-murid harus bawa sepatu (Uwakutsu) dari rumah , untuk ganti di pakai didalam sekolahan , sepatu untuk jalan di luar taruh di rak sepatu di depan, dan nanti hari Jumat sepatu dalam ( uwakutsu) dibawa pulang untuk di cuci.

Kalau yang TK(幼稚園 taman kanak-kanak) boleh diantar, makan di sekolahan juga, sebulan sekali bawa bento dari rumah nasi dan lauknya),tiap hari senin bawa kasur kecil(futon布団) untuk tidur siang, nanti hari jumat dibawa pulang.

7. Flea Market

Ini pasar tidak tiap hari ada, mungkin sebulan sekali , seperti pasar loak gitu, tapi barang baru juga ada, harganya jauh lebih murah dari toko.

Ada baju, sepatu, mainan anime, buku, sayuran (hasil kebun sendiri)buah, pokoknya barang yang mereka sudah nggak dipake tapi masih bagus bisa dijual di Flea Market.

Tapi kalau hujan akan dibatalkan pasar ini, diganti hari, karena mereka yang mau jualan harus bayar.

Paling suka beli buku disini, banyak yang baru dan yang masih seperti baru, misal buku resep di toko 1500 yen, disini dijual 500 yen atau lebih murah lagi, kadang bisa ditawar hehe..

Mainan anime seperti dragon ball dan one piece biasanya masih baru - baru karena banyak sekali dan jauh lebih murah dari harga toko.

8. Sampah

Cara buang sampah di Jepang ada hari nya, tidak boleh sembarangan. Tempat pembuangannya juga sudah ditentukan, bungkus sampahnya juga khusus. Misal kan,hari Senin sampah plastik, bekas makan bento , harus dibersihkan dulu jangan ada sisa makanan, seperti sambal haha.. Selasa sampah yang bisa dibakar, seperti sampah dapur. Hari Rabu botol plastik, kaleng dan lain- lainnya bergantian dengan barang elektronik kecil dan mainan, jadi 2 minggu sekali.

Barang- barang elektronik dan mainan, seperti rice cooker, hair dryer, blender, ini kadang dibuang bukan karena rusak, tapi karena sudah beli baru. Perabot electronik yang besar seperti kolkas, TV, mesin cuci ,kalau mau di buang telp dulu, supaya datang ambil, nanti kita bayar.

Ada juga yang Sayonara Sale, mau pulang ke negaranya semua barang di sale atau dikasihkan temen- temen.

Kalau sepeda disana itu ada suratnya, jadi kalau dikasih sepeda sama temen atau beli, jangan lupa minta suratnya. karena kalau tidak punya surat dikira sepeda curian.

Hari Jumat sampah yang bisa di bakar lagi, jadi seminggu 2x sampah dapur. Hari Sabtu libur.

9. Kenapa masuk group Wkwkjapan

Karena saya ingin bisa bahasa Jepang.

Kenapa ingin bisa bahasa Jepang, karena hobby saya adalah masak, bikin kue , kerajinan tangan, dan mendengarkan lagu-lagu , Saya banyak ngumpulin buku- buku resep dan handy craft dari Jepang, haha… yaitu tadi , saya nggak ngerti 100% hanya main kira kira saja cara bikinnya.

Bagi saya yang sudah tua ini bahasa Jepang sangat amat susah sekali, lain dengan yang masih muda jomblo-jomblo, cepat mengingatnya , kalau saya mudah lupa hehe... maklum nenek-nenek.

Dan saya anggap group ini sangat serius cara mengajarnya, jadi harus di balas dengan ke seriusan cara belajarnya, saya berharap dapat mengikuti terus pelajarannya meskipun ketinggalan karena terlambat masuk 45 hari.

Semoga saja saya mampu meneruskannya.

Sebetulnya masih banyak yang ingin saya tulis disini, lain waktu bisa kita sambung lagi.

Semoga tidak bosan membacanya.

Sekian dan terima kasih.

Penulis: Iren Marcellina