Cita-cita yang tumbuh dari anime (karya lomba menulis 2021)

lomba_2021Lomba Menulis

Jepang? Jepang itu apa sih? Kenapa si bisa tertarik dengan jepang? Dari mana hal itu muncul?

Ini berawal saat aku menduduki bangku SMP.. Aku sama sekali tidak tahu apa itu jepang, bahasa jepang bahkan anime pun tidak tahu.. Yang aku tahu bahwa Anime naruto yang tayang di Televisi itu adalah kartun..

Teman Dan Anime

Ini awal mula ku kenal anime. Pada saat kelas 8 SMP teman ku selalu membicarakan anime anime dan anime.. Aku bertanya tanya kepada mereka para pecinta anime "anime itu apa sih? Seru ga? Kartun? Atau apa ya?" Mereka menjelaskan dan bercerita lebih lagi tentang anime hingga aku di ajak menonton bersamanya. Dan saat itu, aku pertama kali menonton anime. Saat pertama kali menonton bersama mereka, mulai rasa tertarik terhadap anime pun muncul, entah karena bahasanya atau jalan ceritanya atau apa aku tidak tau.

Saat kelas 9 SMP orang tuaku memarahiku " bukan nya belajar malah menonton kartun terus " ya waktu itu memang awal awal aku kecanduan anime, jadi setiap detik, setiap menit selalu menonton anime. Dari anime ini aku mulai mengerti beberapa kosakata bahasa jepang dan budaya budaya jepang yang di tampilkan di anime.. Aku pun mulai tertarik untuk mempelajarinya..

Pertama kali belajar bahasa jepang

Saat Lulus dari SMP dan masuk ke bangku SMK. Waktu itu memilih SMK karena bertujuan untuk mencari pengalaman Kerja terlebih dahulu baru kuliah.. Di SMK ini aku bertemu juga seorang pecinta anime (Biasa lah jika memiliki kesamaan hobi pasti langsung jadi teman). Di SMK ini adalah waktu pertama kali aku belajar bahasa jepang karena ada mata pelajaran bahasa jepang. Awal awal terasa sangat sulit sekali untuk mulai mempelajari bahasa jepang, tapi aku tetap maju.. Dimulai dari menghafal hiragana dan katakana. Entah kenapa otak ku masih sangat sulit untuk menghafal nya (mungkin karena baru melihat hurufnya) setiap hari belajar tanpa henti.. Hiragana dan katakana hafal dalam waktu seminggu.

Meskipun aku sudah belajar dengan serius tetapi semua tidak berjalan lancar. saat ujian aku mendapatkan Nilai 0 (kertas ujian di coret) saat di bagikan hasilnya itu saya kaget dan merasa "haduh ini kenapa bisa 0, padahal aku sudah belajar sungguh sungguh". Dan aku pun mengingat kembali apa yang terjadi saat hari ujian berlangsung, saat itu temanku mencontek jawabanku dan ketahuan oleh pengawas. Tetapi pengawas nya hanya diam saja sampai waktu di kumpulkan (mungkin di coretnya pas udh di kumpulkan, sialnya kertas ujian aku pun ikut di coret.). Sungguh sangat frustasi mendapatkan nilai 0. Mulai dari itu pun aku berusaha untuk mengubah Nilai 0 tersebut menjadi angka 100. Setiap hari belajar dan belajar..

Ujian berikutnya pun tiba, aku tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya. Aku mengerjakan dengan penuh keyakinan dan percaya diri. Dan akhirnya aku berhasil mengubah angka 0 tersebut menjadi angka 100. Pepatah "USAHA TIDAK AKAN PERNAH MENGHIANATI HASIL" pun akhirnya terbukti juga. Aku merasa sangat senang sekali mencapai suatu tujuan dengan usaha dan kerja keras sendiri.

Dari suka menjadi Cita cita

Aku sangat suka musik musik jepang. Kembali lagi semua berawal dari anime. Saat itu aku menonton anime musik (BANG DREAM). lagu lagunya sangat bagus membuat saya tertarik dan menyukainya. Aku mencoba mencari cari lagu dari anime tersebut melalui youtube. Ternyata saat melihat youtube ada konser live dari anime BANG DREAM itu. Dan akhirnya aku pun menonton konser para seiyuu(pengisi suara) dari anime BANG DREAM itu. Saat pertama kali menonton,aku langsung terpukau oleh salah satu Girls Band yaitu "Raise A Suilen".

dari segi musik dan lagu lagunya sangat bagus (menurutku). Dan aku pun mendengarkan semua lagu lagu dari "Raise A Suilen" setiap hari. Aku menyukai sang DJ dari girls band tersebut. Aku sangat ngefans sekali dengan dia.. Aku berfikir suatu saat akan kejepang dan bertemu dengan nya (meskipun mustahil). Mulai dari situ aku bercita-cita dan membulatkan tekad untuk pergi kejepang melalui jalur magang (biar dapat uang untuk nonton konser nya). Aneh sekali ya hanya dengan melihat seiyuu dari anime langsung memiliki impian yang utuh untuk pergi ke jepang. Memang seperti itu lah hidup aku semua berawal dari Hal Hal yang aneh.

Usaha untuk meraih cita cita

Ya sebenarnya ini sih sama seperti orang kebanyakan yang berkeinginan ke jepang. Yaitu dengan impian yang utuh dan tekad yang sudah bulat aku belajar bahasa jepang setiap hari, mempelajari budaya nya dan berusaha untuk lebih dalam menyukai hal hal tentang jepang. Aku membuat jadwal belajar sendiri,menentukan cara belajar yang efektif sendiri. Terkadang aku suka berbicara bahasa jepang sendiri untuk melatih mulut agar terbiasa. Sumber belajar ku dari buku minna no nihongo 1 dan 2 serta kamus kanji level JLPT N5 dan N4. Buku minna no nihongo ini menurutku sangat efektif sekali untuk di jadikan sumber belajar bahasa jepang. Oh iya, aku juga melihat youtube yang menjelaskan tentang buku tersebut, jadi di saat ada pola kalimat yang tidak aku pahami,aku bisa langsung melihat penjelasan melalu youtube. Setelah melihat youtube dan akhirnya saya memahaminya. Setiap hari belajar dan belajar, meskipun bosan belajar sendirian tapi saya tidak berhenti belajar demi meraih cita-cita..

Rasa ingin menyerah

Pada suatu hari tiba tiba rasa ingin menyerah muncul di saat sedang mempelajari kanji.

Aku berfikiran bahwa kanji itu sulit, sangat banyak dan rumit. Karena sangat banyak,itulah yang membuat kanji sulit, terlebih lagi ada nya cara baca "kunyomi" dan "onyomi" ini lah yg membuat kanji itu rumit. Dan juga saya hampir menyerah pada pola kalimat yang semakin ke sini semakin sulit untuk di pahami.

Ya memang terkadang kita harus belajar dari sebuah kata "menyerah". Rasa ingin menyerah pasti selalu muncul di saat kita sedang berusaha. Itu seperti ranjau di tengah jalan yang membuat perjalanan terhenti. Dan aku pun berfikir kembali "kenapa aku belajar bahasa jepang?? Kenapa aku bisa sampai sejauh ini". Pikiran ini lah yang membuat aku tidak jadi menyerah. Semua karena tujuan dan motivasi yang sangat kuat serta tekad yang sudah bulat. Hari demi hari telah berlalu, hingga sampai sekarang aku masih terus berusaha untuk menuju negeri sakura yang indah itu.

Aku yakin dengan usaha ini suatu hari aku akan menginjakkan kaki di negeri sakura. Aku masih percaya pada suatu pepatah "USAHA TIDAK AKAN PERNAH MENGHIANATI HASIL." Dengan selalu mengingat pepatah tersebut aku berhasil sampai saat ini dalam mempelajari bahasa jepang, budaya jepang Dan lain lain tentang jepang.
Aneh sekali, baru kali ini aku memiliki suatu cita-cita dan bersungguh-sungguh untuk menggapai nya. Ini lah cita cita ku, ini lah usahaku dan inilah jalan hidup ku. Aku hanya bisa berdoa dan berusaha semoga takdir ku sesuai dengan apa yang ku inginkan..

Penulis: Ridho Ahlul Muhaqiqin