Ide Hadiah Penunjang Belajar Bahasa Jepang

reviewTips & Review

Menjelang akhir tahun, tidak jarang kita tergoda berbagai macam promosi dan membeli barang ini dan itu. Daripada kita membeli barang hanya untuk kepuasan sesaat, yuk kita berusaha membeli sesuatu yang lebih bermanfaat! Untuk kamu yang masih bingung ingin membeli hadiah untuk diri sendiri maupun kawan-kawan terdekat, saya telah mengumpulkan beberapa ide hadiah yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu kita belajar bahasa Jepang! Kebanyakkan dari ide di bawah ini bisa kamu kirimkan secara digital, jadi bagi kamu yang sedang tinggal di Jepang dan ingin membeli sesuatu untuk seseorang yang spesial di Indonesia pun tidak masalah. (Oops, bukan kode lho ya..)

Budget: Gratis – Rp50.000,-

Bagi saya, belajar bahasa Jepang sangat menyenangkan jika dilakukan melalui immersions atau interaksi dengan bahasa tersebut. Ada banyak sekali aplikasi dan gim seru dalam bahasa Jepang yang sesuai dengan tingkat kemahiran bahasa Jepang kamu, dan kebanyakkan dari mereka gratis, kecuali kamu tergoda gacha. Untuk level N5, kamu bisa memainkan gim tipe arcade di mana kamu akan berinteraksi dengan bahasa Jepang sederhana melalui opsi dan navigasi gim. Untuk level N4, kamu sudah mulai bisa menikmati gim dengan plot sederhana. Untuk level N3 ke atas, hampir semua gim termasuk jenis-jenis visual novel bisa kamu nikmati. Jangan lupa siapkan kertas kosong saat kamu bermain ya, sehingga kamu bisa mencatat kosakata baru yang kamu temui.

Bagaimana cara menemukan gim dalam bahasa Jepang?

Bacalah info setiap gim dan lihat bahasa apa saja yang mereka sediakan. Masing-masing gim berbeda. Untuk iOS, scroll ke bawah untuk melihat daftar bahasa. Setelah itu, ubah pengaturan bahasa di ponsel/tablet kamu ke bahasa Jepang, maka gim tersebut akan ditampilkan dalam bahasa Jepang.

Untuk pengguna iOS, kamu juga bisa mendaftar akun iTunes Jepang di mana kamu bisa menikmati lebih banyak aplikasi dan gim dalam bahasa Jepang. Tidak hanya itu, iBooks Jepang juga penuh dengan buku-buku Jepang yang super lengkap! Saya sangat suka membaca buku bacaan yang saya dapatkan secara gratis maupun buku yang saya beli di sana karena sangat praktis. Cukup tap dan drag kosakata yang tidak kita pahami, kamu bisa langsung melihat definisi dan cara penggunaan kata tersebut di fitur kamus yang telah terpasang secara otomatis. Jika penjelasan kurang komprehensif, kamu bisa langsung mencarinya di internet hanya dengan satu kali klik saja. Saya juga suka memberikan tanda highlight di kosakata baru yang penting supaya bisa saya review saat membacanya kembali. Kalau budget sedang terbatas, kita juga bisa menikmati 立ち読み era digital yaitu mengunduh sampel tanpa membeli 😂. Namun, perlu diingat bahwa berganti-ganti akun iTunes sangat tidak disarankan karena bisa di-ban. Selain itu, semua aplikasi maupun gim yang telah kamu unduh atau kamu beli di akun lain, tidak bisa diperbaharui saat kamu beralih akun. Jadi, idealnya, kamu menggunakan akun ini dari awal, atau di perangkat baru. Oh ya, harga buku-buku di iBooks Jepang sama dengan harga buku tersebut di Jepang lho!

Jika kamu ingin mengirimkan aplikasi/gim sebagai hadiah, jangan lupa pastikan region akun kamu sama dengan akun penerima ya! Kamu juga bisa membeli gift card berisi kode khusus yang bisa kamu kirimkan ke teman atau top up di akun kamu sendiri.

Budget Rp50.000,- hingga Rp100.000,-

Untuk kamu yang tinggal di Jepang, budget ini bisa digunakan untuk membeli berbagai macam buku menarik. Namun, jika kamu tinggal di Indonesia, kamu biasanya perlu mengeluarkan kocek ekstra jika ingin membeli buku bacaan baru dalam bahasa Jepang, kecuali jika kamu membeli buku second atau dengan metode iBooks Jepang di atas. Untuk budget ini, saya sangat merekomendasikan buku bacaan seperti つばさ文庫 (https://tsubasabunko.jp)青い鳥文庫 ( aoitori.kodansha.co.jp )karena tersedia dalam berbagai tingkat kesulitan yang ditunjukkan dengan rating di sampul belakang buku atau bisa juga kamu periksa di situs mereka. Tingkat kesulitan tersedia mulai dari buku yang ditujukan untuk siswa SD Jepang tingkat dasar, namun saya lebih merekomendasikan buku dengan tingkat kesulitan yang sedikit lebih tinggi karena biasanya terdapat lebih banyak kanji namun masih dilengkapi dengan furigana. Kenapa? Karena bahan bacaan yang penuh dengan hiragana tanpa kanji akan sulit dipahami bagi pelajar bahasa Jepang seperti kita. Untuk siswa SD Jepang, mereka bisa memahami bacaan hiragana karena konteks dan percakapan sehari-hari, sedangkan untuk pelajar bahasa Jepang, kanji sangatlah penting untuk membantu proses pemahaman. Dalam memilih buku bacaan, saya sangat merekomendasikan buku yang bisa dipahami 70-80% tanpa melihat kamus, sehingga pada saat pertama kali membaca buku tersebut, kita dapat memahami keseluruhan alur cerita dan mengisi kosakata baru yang belum kita ketahui berdasarkan konteks.

Budget >Rp100.000,-

Untuk budget ini, ada lebih banyak hal yang bisa kamu beli. Banyak gim visual novel Jepang di Steam misalnya, yang tersedia untuk kategori budget ini. Apa daya tarik belajar bahasa Jepang melalui visual novel? Visual novel tersedia dalam berbagai genre yang berbeda dan biasanya disertai dengan berbagai gambar menarik. Selain itu, gim visual novel juga banyak yang memiliki furigana maupun audio narasi dialog. Interaksi di dalam gim juga membuat pengalaman ini menjadi semakin menyenangkan. Selain gim, untuk budget ini, kamu juga bisa membeli film bahasa Jepang secara digital, contohnya di iTunes. Selalu pastikan bahasa apa saja yang ditawarkan sebelum membeli perangkat lunak ya!

Budget >Rp300.000,-

Untuk budget ini, saya merekomendasikan sesuatu yang lebih bermanfaat dalam waktu yang lebih lama yaitu buku-buku pelajaran bahasa Jepang yang lebih komprehensif. Mungkin tidak terdengar seru dan menyenangkan seperti ide-ide di atas, namun buku-buku referensi ini dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama dan pastinya sesuai dengan tingkat kemahiran bahasa Jepang masing-masing. Dalam membeli buku ini, usahakan membeli buku yang akan langsung dapat digunakan. Hindari membeli buku dengan tingkat kemahiran yang tidak sesuai dengan harapan bahwa buku tersebut dapat digunakan suatu hari nanti karena biasanya akan tergeletak begitu saja hingga terlupakan.

Budget >Rp500.000,-

Untuk budget ini, saya merekomendasikan kamus kanji. Kamus kanji untuk siswa SD di Jepang biasanya dilengkapi dengan gambar-gambar menarik. Saya membeli kamus kanji bergambar Doraemon karena sangat lucu dan sering saya baca sebelum tidur. Anggaplah seperti dongeng sebelum tidur agar mimpi indah yang dipenuhi kanji. 😆 Selain itu, kamus kanji dilengkapi dengan definisi, cara penggunaan kanji dalam kalimat, cara menulis kanji, serta asal usul kanji tersebut.

Budget >Rp3.000.000,-

Kalau kamu punya budget besar dan tidak tahu mau membeli apa, saya sangat merekomendasikan konsol seperti Nintendo Switch. Meskipun harga konsol cukup mahal, tetapi kamu bisa memiliki gim berbahasa Jepang yang lebih murah (pada saat diskon) dan lebih beragam. Sama halnya seperti ponsel/tablet, kamu bisa mengubah pengaturan bahasa konsol sehingga gim ditampilkan dalam bahasa Jepang. Selain itu, juga ada eShop Jepang dengan gim-gim eksklusif yang tidak tersedia di eShop region lain. Perbedaannya dengan ponsel/tablet, kamu bisa memiliki beberapa akun berbeda dari region yang berbeda dalam konsol Switch yang sama.

Jadi, bagaimana? Hadiah seperti apa yang ingin kamu beli untuk akhir tahun ini? Apa pun hadiahnya, yang penting minumnya… Oops, hampir saja keceplosan iklan. Maksud saya, apa pun hadiahnya, yang penting adalah niat baik di balik hadiah tersebut. Semoga kamu bisa menemukan hadiah yang tepat untuk kawan-kawan terdekat atau pun diri sendiri ya!