Acara Now!

Langkah Pertama Mewujudkan Mimpi [belajar bahasa aja dulu😊] (karya lomba menulis 2021)

Lomba Menulis

J-e-p-a-n-g

Jepang. Sebuah kata yang hanya pernah aku lihat dan aku baca di buku pelajaran sekolah. Semasa sekolah dasar dulu, aku hanya tahu bahwa jepang adalah nama sebuah negara di dunia. Sekedar tahu tanpa ada niat untuk belajar ataupun mengenal negara yang satu ini. Pengetahuan yang pendek itu terus bertahan sampai aku lulus sekolah dasar(maklum anak kecil sukanya main dari pagi sampai sore daripada harus belajar😅).Ternyata setelah melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya pengetahuanku tentang jepang hanya bertambah sedikit saja. Dari awalnya hanya tahu nama negaranya bertambah menjadi tahu bahwa negara ini merupakan negara penghasil produk otomotif yang banyak kita pakai di negara kita ini(miris sekali yah, disaat orang lain sudah tahu sejak lama aku malah baru tahu sekarang😑).

Karena tak sengaja

Lain cerita waktu SMP lain pula cerita waktu SMA. Orang bilang masa-masa SMA adalah masa-masa yang paling indah(masa asmara mulai mengambil alih😆). Mungkin bagi orang lain ini adalah masa untuk menjalin asmara dan mengenal cinta(walaupun tidak semua orang) tetapi bagiku masa ini adalah masa untuk mencapai cita-cita yang selama ini aku impikan. Meskipun pada akhirnya aku harus mengalah pada ekonomi😔(kenapa jadi curhat?) .Tapi, semua itu tidak membuat aku hilang harapan. Meski telah kehilangan satu cita-cita tetapi masih ada cita-cita yang lain yaitu pergi ke Jepang 😄.Aku mulai memiliki cita-cita baru ini setelah tidak sengaja menonton salah satu film buatan Jepang(Tokusatsu),aku sangat suka menontonnya sampai-sampai aku hafal setiap soundtracknya. Berawal dari sekedar menyukai filmnya, berubah jadi menyukai negaranya.Dari hanya sekedar searching tentang film berubah jadi searching tentang kebiasaan-kebiasaan orang jepang, peluang kerja di sana,dan segala hal yang berhubungan dengan Jepang yang membuat aku semakin jatuh cinta pada negara yang satu ini.

Akhirnya kutemukan

Mengenal suatu negara kurang lengkap rasanya tanpa mengenal bahasanya.Mengenal bahasa pasti di mulai dengan mengenal huruf. Jika hanya melihat sekilas berbagai macam hurufnya pasti akan membuat kita sangat bingung dan merasa sangat sulit karena memang huruf-huruf yang dipakai oleh orang Jepang bukanlah hanya sekedar huruf alfabet/romaji(dalam bahasa Jepangnya) tetapi ada hiragana, katakana, dan kanji.Aku memang mengakuinya, bahkan sampai sekarang aku masih belum menguasai huruf-huruf itu😔.Mengenal huruf sudah, sekarang belajar bahasa Jepang. Disitulah kendalanya aku ingin belajar bahasa Jepang tetapi di daerahku tidak ada tempat les bahasa Jepang dan lagipula biaya untuk les juga sangat mahal. Sampai pada akhirnya aku searching di google dan membaca sebuah artikel dari salah satu anggota Wkwk.Japan tentang pengalamannya belajar bahasa jepang bersama orang jepang asli di wkwkjapan.Akupun memutuskan untuk mengikuti langkahnya dengan bergabung di grup facebook wkwkjapan.Di grup ini,selain belajar bahasa Jepang aku juga mendapatkan banyak teman baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu,senseinya juga sangat ramah sehingga membuatku menjadi semakin bersemangat untuk terus belajar bahasa Jepang dan suatu saat bisa mewujudkan mimpi pergi ke Jepang. Terima kasih wkwkjapan❤😙.

Penulis: Rasmita