Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang

Materi Bahasa Jepang SMA Kelas X, N5Percakapan, Salam

 

“Selamat Pagi”, Salam Pertemuan yang Paling Penting dalam Masyarakat Jepang

Ucapan “Selamat pagi” buat masyarakat Jepang sangat penting dan memang paling banyak digunakan di antara salam pertemuan seperti “Konnichiwa (Selamat siang)”, “Konbanwa (Selamat malam)”, “Ogenki desu ka (Apa kabar)”, dan lain-lain. Misalnya, saat bangun tidur atau bertemu dengan orang lain pada pagi hari, orang Jepang sangat biasa saling mengucapkan “selamat pagi” satu dengan yang lain pada setiap pertemuan secara rutin setiap pagi baik di lingkungan keluarga, maupun di sekolah, kantor, atau tempat aktivitas yang lain karena salam pertemuan pada pagi hari dianggap bahasa yang sangat penting dan berguna sebagai dasar atau akar komunikasi, atau bisa disebut sebagai kunci sukses dalam hidup ini. Dalam materi kali ini, kita akan memperlajari berbagai variasi ucapan “selamat pagi” dengan bahasa Jepang pada setiap situasi sekaligus menjelaskan budaya dan latar belakang ucapan “selamat pagi”.

 

 

Ucapan “Selamat pagi” dalam Bahasa Jepang

Ucapan “おはよう (Ohayou)” atau “おはようございます (Ohayou gozaimasu)” adalah salam pertemuan yang paling dasar untuk menyatakan “selamat pagi” dengan bahasa Jepang. Pada umumnya, kedua ucapan salam tersebut digunakan saat bertemu dengan orang lain pada pagi hari. (kira-kira sampai jam sebelas atau selambatnya sebelum jam dua belas) Perbedaan penggunaan antara “ohayou gozaimasu” dan “ohayou” adalah perbedaan hubungan antara pembicara dan lawan bicara (“selamat pagi” diucapkan oleh siapa kepada siapa). Penjelasan yang lebih detail sebagai berikut di bawah ini.

 

Ucapan Selamat Pagi Secara Sopan, “Ohayou Gozai-masu”

Ucapan

 おはようございます。 
 Ohayou (ohayoo)* gozai-masu. 
 Selamat pagi. 

*ditulis dengan おはよう(ohayou), tetapi dibaca dengan “ohayoo” bukan “ohayou”.

 

Penjelasan

“Ohayou gozaimasu” adalah ucapan salam pertemuan pada pagi hari secara sopan. Pada dasarnya, ucapan “Ohayou gozaimasu” dapat diucapkan kepada siapa saja termasuk guru, atasan, tamu, tetangga-tetangga atau di tempat umum seperti lingkungan sekolah, kantor, tetangga di rumah, dunia internet, dan tempat umum lainnya secara umum asalkan pembicara ingin menyampaikan salam kepada lawan bicara secara sopan.Oleh karena itu, jika “selamat pagi” diucapkan kepada orang yang dihormati seperti guru, atasan, tamu, atau usianya lebih tua daripada pembicara, seharusnya “Ohayou gozaimasu” yang paling tepat digunakan. (tidak ada pilihan lain kecuali “ohayou gozaimasu”) Namun, jika Anda merasa sama-sama akrab dengan lawan bicara, atau tingkat hidupnya sederajat dengan lawan bicara, sebaiknya ucapkan saja “Ohayou” bukan “Ohayou gozaimasu”. Penjelasan “ohayou” yang lebih detail sebagai berikut di bawah.

 

Ucapan Selamat Pagi Secara Akrab, “Ohayou”

Ucapan

 おはよう。 
 Ohayou. (ohayoo)* 
 Selamat pagi. 

*ditulis dengan おはよう(ohayou), tetapi dibaca “ohayoo” bukan “ohayou”.

 

Penjelasan

“Ohayou” yang berupa ucapan singkat sekaligus bahasa informal dari “ohayou gozaimasu” tersebut digunakan untuk mengucapkan salam pertemuan pada pagi hari secara akrab. Pada umumnya, ucapan “ohayou” digunakan di antara teman, anggota sekeluarga, atau oleh orang yang berpangkat lebih tinggi kepada yang lebih rendah atau sederajat, khususnya saat pembicara merasa akrab dengan lawan bicara. Sebaliknya, “ohayou” tidak tepat diucapkan kepada orang yang seharusnya dihormati oleh pembicara seperti guru, atasan, tamu, atau usianya lebih tua daripada pembicara.

 

 

Contoh Penggunaan “Ohayou” dan “Ohayou gozaimasu” dalam Percapakan

Jika pembicara mengucapkan “ohayou gozaimasu” kepada lawan bicara, lawan bicara juga akan membalas ucapan dengan kata “ohayou gozaimasu” atau “ohahyou” tergantung hubungan antara pembicara dan lawan bicara. Misal,

 

Pembicara A: “Ohayou gozaimasu”

Lawan bicara B: “Ohayou gozaimasu” (tingkat pembicara A lebih tinggi atau sederajat dengan lawan bicara B)

Lawan bicara C: “Ohayou” (tingkat pembicara A lebih rendah daripada lawan bicara C)

 

Sebaliknya, jika pembicara mengucapkan “ohayou” kepada lawan bicara, lawan bicara akan membalas ucapan dengan kata “ohayou gozaimasu” atau “ohahyou” tergantung hubungan antara pembicara dan lawan bicara juga.

 

Pembicara A: “Ohayou”

Lawan bicara B: “Ohayou gozaimasu” (tingkat pembicara A lebih tinggi daripada lawan bicara B)

Lawan bicara C: “Ohayou” (tingkat pembicara A sederajat dengan lawan bicara C)

*pembicara tidak akan mengcapkan “ohayou” kepada orang yang tingkatnya lebih tinggli daripada pembicara.

 

Berikutnya, contoh penggunaan selamat pagi pada setiap situasi.

 

Selamat Pagi kepada Anggota Sekeluarga

デシ: おにいちゃん、おはよう。
Desi: Onii-chan (Kakak ♂), ohayou.

デシのあに:おはよう。
Kakak Desi: Ohayou.

デシ:おかあさん、おはよう。
Desi: Okaa-san (Ibu), Ohayou.

デシのはは:おはよう。
Ibu Desi: Ohayou.

デシ:おとうさん、おはよう。
Desi: Otou-san (Ayah), ohayou.

デシのちち:おはよう。
Ayah Desi: Ohayou.

 

Selamat Pagi kepada Tetangga

デシ:おはようございます。
Desi: Ohayou gozai-masu.

ごきんじょ:おはようございます。/ おはよう。
Tetangga: Ohayou gozai-masu. / Ohayou.

 

Selamat Pagi kepada Teman atau Guru

デシ:おはよう。
Desi: Ohayou.

ともだち:おはよう。
Teman: Ohayou.

デシ:せんせい、おはようございます。
Desi: Sensei, Ohayou gozai-masu.

せんせい:おはよう。 / おはようございます。
Guru: Ohayou. / Ohayou gozai-masu.

 

 

“Selamat Pagi”, Tetapi Diucapkan di Luar Pagi?

Pada umumnya, “ohayou gozaimasu” dan “ohayou” diucapkan pada pagi hari. Namun, terdapat juga beberapa “ohayou gozaimasu” dan “ohayou” yang digunakan di luar pagi.

 

Saat Baru Bangun

Orang Indonesia mengucapkan “selamat pagi” setelah melewati jam 24.00. Namun, orang Jepang menggunakan “ohayou gozai-masu” atau “ohayou” mulai dari waktu bangun tidur. Misalnya, orang Jepang yang baru bangun dari tidur siang juga akan mengucapkan “ohayou” kepada lawan bicara. Sebaliknya, pada tengah malam yang telah melewati jam 24.00, orang Jepang tidak akan mengucapkan “selamat pagi” melainkan “selamat tidur (oyasumi-nasai)” saja. Selain itu, orang yang bekerja shift malam juga akan mengucapkan “ohayou gozaimasu” saat masuk kerja pada malam hari. Memang, umumnya “ohayou gozaimasu” atau “ohayou” diucapkan pada pagi hari, tetapi mungkin saja konsep salam “ohayou” lebih cenderung ke “salam pertama setelah bangun tidur” daripada “jam pada pagi hari”.

 

Saat Masuk Kerja

Pada dasarnya, “ohayou gozaimasu” atau “ohayou” diucapkan pada pagi hari. Sama halnya, saat masuk ke kantor pada pagi hari, biasanya orang Jepang saling mengucapkan ucapan “ohayou gozaimasu”. Berarti “ohayou gozaimasu” dapat dikatakan juga sebagai salam pertama saat masuk kerja. Namun, pada zaman sekarang, banyak usaha atau layanan dalam bisnis bergerak tanpa henti secara non-stop 24 jam. Misalnya, perusahaan pabrik yang memakai jadwal shift dalam 24 jam. Kantor polisi, pemadam kebakaran, perusahaan media, atau beberapa restoran dan super market juga begitu. Di sana jam masuk kerjanya tidak selalu mulai dari pagi. Namun, sebagai kebiasaan orang Jepang, mereka yang memakai shift mengucapkan “ohayou gozaimasu” pada saat baru masuk kerja walaupun masuk kerjanya pada siang, sore, bahkan malam.

 

Sebagai Salam Pertemuan Pertama dalam Sehari

Saat bertemu dengan orang pada pertama kali dalam sehari, umumnya orang Jepang mengucapkan “selamat pagi” kepadanya karena biasanya pertemuan pertama lebih sering terjadi pada pagi hari. Namun, bagaimana kalau pertemuan tersebut terjadi pada siang hari? Soalnya, “konnichiwa (selamat siang)” atau “ogenki desu ka (apa kabar)” tidak atau sangat jarang diucapkan kepada orang yang dekat atau akrab dengan pembicara dalam masyarakat Jepang. Jadi, jika pertemuan pertama dengan orang yang akrab atau dekat dengan pembicara terjadi pada siang hari, orang Jepang terkadang menggunakan ucapan “ohayou” juga untuk mengucapkan “selamat siang”.

 

 

Fungsi “Ohayou gozaimasu” dalam Masyarakat Jepang

Ucapan “Ohayou” dan “Ohayou gozaimasu” sangat banyak digunakan baik di lingkungan keluarga atau pribadi, maupun lingkungan umum seperti sekolah atau kantor dalam masyarakat Jepang karena salam pertemuan pertamalah yang paling penting sabagai pembuka hari untuk mulai hubungan atau komunikasi dengan orang lain pada setiap hari.

 

 

Asal Usul Ucapan Ohayou gozaimasu

Secara harfiah, “ohayou” yang berasal dari kata “o-hayaku” memiliki makna “awal” atau “dini” secara sopan. Awalan “o” di depan “hayaku” menunjukkan xxxx. Dasar kata “hayaku” adalah kata sifat “hayai” yang memiliki makna “awal” atau “cepat”. Sedangkan, “gozaimasu” adalah kata hormat untuk menyampaikan rasa hormat kepada lawan bicara. Awalnya, ucapan “ohayou gozaimasu” digunakan untuk menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara yang sudah datang dengan awal waktu pada pagi hari di suatu tempat.

 

 

Berbagai Ekspresi Selamat Pagi

Berikutnya, berbagai ekspresi lain untuk menyatakan “ohayou”. Sebenarnya, semua ucapan-ucapan di bawah terbuat dari “ohayou” tetapi bentuknya telah diubah dari “ohayou” dengan cara beberapa bagian dihilangkan atau ditambah dengan akhiran tertentu. Secara umum, kebanyakan ucapan di bawah tidak sah dan tidak direkomedasikan untuk menyampaikan “ohayou” kepada orang umum secara sopan. Namun, Anda juga akan sempat mendengar atau menemukan kata-kata tersebut di dalam anime, manga, drama, atau saat SNS-an dengan teman Jepang. Umumnya, ucapan semacam gaul ini digunakan hanya dalam komunitas kecil, kelompok kecil yang bersifat pribadi sehingga kurang direkomedasikan untuk mengucapkan kepada orang biasa secara umum. (krn paling dikira sok atau ndeso wkwk)

 

Singkatan

Ucapan

 おはよ。 
 Ohayo. 
 Selamat pagi. 

 

Penjelasan

“Ohayo” adalah bahasa singkatan dari “ohayou”. Ucapan ini terbuat dari bentuk “ohayou” dengan cara akhiran “u” dihilangkan. “Ohayo” dapat digunakan juga seperti “ohayou” yang menyatakan “selamat pagi” secara akrab kepada orang yang dekat dengan pembicara.

 

Bahasa Gaul

Ucapan

 おは / おっはー。 
 Oha / Ohhaa. 
 Selamat pagi. 

 

Penjelasan

“Oha”, atau “ohhaa” adalah bahasa gaul dari “ohayou”. Ucapan-ucapan tersebut terbuat dari bentuk “ohayou” dengan cara akhiran “you” dihilangkan. Artinya juga sama dengan “ohayou”, yaitu “selamat pagi”. Ucapan “oha” atau “ohhaa” pernah menjadi popular pada tahun 2000-an karena seorang anggota SMAP (kelompok penyanyi pria yang paling jago pada saat itu), yaitu Katori Shingo sering menggunakan ucapan tersebut dalam acara TV. Namun, pada zaman sekarang “oha” atau “ohhaa” bernuansa agak ndeso (karena gaul zaman dulu). Terserah Anda memakai atau tidak, tetapi sebaiknya tidak usah terlambat iku-ikutan tren pada zaman dulu.

 

Ucapan

 おはよす / おはよっす。 
 Ohayosu / Ohayossu. 
 Selamat pagi. 

 

Penjelasan

“Ohayosu” atau “ohayossu” adalah bahasa gaul dari “ohayou gozaimasu”. Ucapan-ucapan tersebut terbuat dari bentuk “ohayou gozaimasu” dengan cara “u gozaima” dihilangkan. Artinya juga sama dengan “ohayou gozaimasu”, yaitu “selamat pagi”. Hati hati, ucapan ini tidak menyampaikan kesopanan kepada lawan bicara meskipun terbuat dari “ohayou GOZAIMASU” yang menyatakan “selamat pagi” secara sopan. Ohayosu atau ohayossu juga jarang digunakan atau tidak diakui dalam masyarakat Jepang sehingga sebaiknya pelajar bahasa Jepang tidak usah ikut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bahasa Bela Diri atau Laki-laki

Ucapan

 おす / おっす。 
 Osu / Ossu. 
 Ya / Baik / Oke / (Selamat) pagi, siang, sore, dan malam. 

 

Penjelasan

Ucapan ini bukan bahasa gaul tetapi ucapan yang umumnya digunakan untuk mengucapkan salam pertemuan atau merespon untuk menyatakan “ya”, “baik”, atau “siap” di bidang atau masyarakat olahraga bela diri seperti karate, kendou, dan juudou. Selain itu, “osu” dan “ossu” ini suka diucapkan oleh kelompok semacam yakuza atau preman. “Osu” atau “ossu” terbuat dari “Ohayou gozaimasu” dengan cara bagian “hayou gozaima” dalam “O-hayou gozaima-su” dihapuskan. Orang umum biasanya tidak menggunakan ucapan ini tetapi terkadang kaum lelaki menggunakan juga saat bertemu dengan orang yang dekat atau akrab dengannya.

 

 

以上 (sekian)^^;

 

“Rangkuman Salam Pertemuan dari Pagi sampai Malam dalam Bahasa Jepang" dapat Anda baca di bawah 🙂